Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Enggak Nyangka, Pesanan bZ4X di Indonesia Tembus Ribuan Unit

Muhammad Ermiel Zulfikar,Ferdian - Jumat, 9 Desember 2022 | 19:05 WIB
Mobil listrik Toyota bZ4X unjuk gigi pada hari pertama GIIAS 2022, Kamis (11/8/2022).
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Mobil listrik Toyota bZ4X unjuk gigi pada hari pertama GIIAS 2022, Kamis (11/8/2022).

Otomotifnet.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) dibuat terkejut, penjualan bZ4X enggak disangka-sangka.

Toyota bZ4X pun diklaim TAM ramai diserbu oleh konsumen di Tanah Air.

Ini dibuktikan dengan yang mana sudah terkumpulnya ribuan pemesan hanya dalam waktu kurang dari sebulan setelah peluncuran.

"Hampir satu bulan kami luncurkan, demand (permintaan) Toyota bZ4X itu sudah melebihi 1.300 unit secara total. Memang ini sangat melebihi dari apa yang kami perkirakan," ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM saat berada di acara Toyota Media Gathering (8/12/2022).

Tak hanya di Indonesia, Anton menuturkan jika tingginya permintaan untuk Toyota bZ4X juga terjadi di negara-negara lainnya.

Bahkan, Toyota Motor Corporation (TMC) sampai harus melakukan penyesuaian produksi di Jepang, guna memenuhi permintaan konsumen yang tersebar di berbagai belahan dunia.

"Karena ini produksi dari Jepang dan kami juga sudah sampaikan ke TMC. Memang informasi dari Jepang bahwa kondisi ini bukan hanya di Indonesia, di negara lain seperti Thailand dan Eropa demand juga besar," tutur Anton lagi.

"Tapi pastinya mereka cukup surprise pertama, bahwa ternyata demand di Indonesia tinggi sekali di atas dari dugaan mereka. Sehingga mereka coba menyesuaikan produksi," lanjutnya.

Ketika disinggung mengenai masa tunggu atau inden dari Toyota bZ4X, sayangnya Anton masih enggan berkomentar sampai data penjualannya terkumpul pada akhir bulan nanti.

Mengingat status mobil listrik ini diimpor secara utuh atau Completely Build Up (CBU) dari Jepang, sehingga untuk inden harus menyesuaikan dengan alokasi unit yang diterima.

"Kami sedang bicara dengan TMC sampai akhir bulan ini, untuk mendapatkan kira-kira alokasi untuk tahun depan itu kapan," papar Anton.

"Biasanya untuk CBU kami enggak ambil produksi Januari, karena itu kan VIN Code lama ya atau produksi Desember sampai ke Januari. Jadi mungkin unit yang tahun depan akan datang kira-kira pada Februari 2023, untuk jumlahnya kami masih negosiasi," pungkasnya.

Baca Juga: Bikin Mulut Belibet, Ini Arti Nama Toyota bZ4X Seharga Rp 1 Miliar Lebih

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa