Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siap Tenggak Biodiesel B35, UD Trucks Jamin Quester Tetap Tangguh Dan Efisien

Rendy Surya - Senin, 20 Februari 2023 | 15:55 WIB
UD Trucks pastikan Quester bisa tenggak biodiesel B35, namun tetap tangguh dan efisien
UD Trucks
UD Trucks pastikan Quester bisa tenggak biodiesel B35, namun tetap tangguh dan efisien

Otomotifnet.com – Perusahaan truk komersial berbasis di Jepang, UD Trucks mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam menerapkan biodiesel B35 untuk mengatasi dampak perubahan iklim seperti yang tertuang dalam Pertemuan Tahunan Conference of the Parties (COP)-27 UNFCCC di Mesir.

Persiapan yang telah dilakukan UD Trucks dimulai sejak 24 Maret 2022 lalu melalui peluncuran produk Quester dengan standar emisi Euro 5.

Sebagai salah satu negara yang pertama yang menerapkan biodiesel dengan kandungan tinggi, Indonesia secara bertahap mengurangi ketergantungannya terhadap bahan bakar fosil dan beralih ke bahan bakar yang ramah lingkungan.

Dengan Quester, UD Trucks memiliki komitmen yang sejalan dengan pemerintah Indonesia untuk menyediakan solusi transportasi yang ramah lingkungan dan hemat energy dengan produk unggulannya Quester.

Hal itu diungkapkan oleh Vice President PT UD Astra Motor Indonesia, Rahmat Samulo terkait upaya UD Trucks dalam menggunakan bahan bakar diesel ini.

"Indonesia menjadi negara yang pertama untuk mengadaptasi program B35 dengan tujuan untuk mengatasi dampak perubahan iklim. Untuk itu, kami telah mempersiapkan produk terbaru UD Trucks yang dapat memenuhi standar B35 ini sejak tahun lalu. Melalui Quester Euro 5 ini, kami yakin para pelanggan UD Trucks dapat terus menggunakan produk kami untuk bisnis mereka," terang Samulo, dalam rilis resminya hari ini (20/2/2023).

Selain dapat menggunakan bahan bakar B35, Quester Euro5 didesain sesuai dengan standar emisi Euro 5 yang menggunakan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR).

Sistem ini memastikan emisi gas buang yang lebih rendah dengan nitrogen oksida (NOX) yang diminimalkan.

Teknologi ini dapat menggunakan bahan bakar diesel B35 sambil tetap mempertahankan emisi gas buang karena pengolahan gas buang dilakukan di saluran pembuangan yaitu melalui Catalytic Converter yang mengubah NOX menjadi gas nitrogen dan uap air dengan menyuntikkan cairan AdBlue® ke dalam gas buang.

Dengan teknologi ini, performa dan efisiensi mesin akan tetap sama karena semua komponen tambahan hanya bekerja setelah gas buang keluar dari mesin.

Indikator AdBlue® dapat dilihat pada instrumen kluster kendaraan sehingga pengguna dapat dengan mudah memantau jumlah AdBlue® pada kendaraan saat beroperasi.

Christine Arifin, Marketing and Business Development Head UD Astra Motor Indonesia percaya bahwa peluncuran lini produk Quester dengan standar emisi Euro 5 akan dapat mengadaptasi perkembangan yang dilakukan saat ini melalui penggunaan bahan bakar B35.

“Kami berharap bahwa UD Trucks khususnya di Indonesia dapat terus dipercaya untuk dapat membantu pelanggan menjalankan bisnis mereka dan berkontribusi pada lingkungan yang lebih sehat bagi masyarakat,” tambah Christine.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa