Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gesits Targetkan TKDN Tembus 90 Persen, Asal Komponen Ini Dibuat Lokal

Raspati Dana - Jumat, 24 Maret 2023 | 07:30 WIB
Gesits Raya hadir di IIMS 2023
Raspati/Otomotifnet
Gesits Raya hadir di IIMS 2023

Otomotifnet.com - Pemerintah resmi memberlakukan subsidi sebesar Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik baru maupun konversi motor BBM ke listrik pada Senin (20/3/2023).

Meski begitu, hanya ada 13 model motor listrik dari 8 merek yang berhak mendapatkan bantuan tersebut. Salah satunya adalah Gesits.

Gesits sendiri saat ini memiliki dua model motor listrik, yaitu Gesits G1 dan Gesits Raya yang belum lama ini diluncurkan di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 bulan Februari lalu.

Bernardi Djumiril, Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) selaku produsen motor listrik Gesits mengklaim, kedua produknya telah memenuhi kriteria untuk mendapatkan subsidi pemerintah.

"Ya, dua-duanya dapat karena G1 itu TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri)-nya sudah 46 persen, sementara untuk Gesits Raya itu sudah jauh melebihi 46 persen," ucapnya dalam konferensi pers di Jaksel, Selasa (21/3/2023).

"Bahkan TKDN-nya mencapai 60 persen menurut proses perhitungan secara internal kami," imbuh pria yang akrab disapa Ardi itu.

Gesits dibekali 3 pilihan riding modes yang bisa langsung diganti sambil berjalan
Didit/otomotifnet.com
Gesits dibekali 3 pilihan riding modes yang bisa langsung diganti sambil berjalan

Sebagai informasi, syarat utama untuk mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar Rp 7 juta tersebut adalah memiliki kandungan lokal atau TKDN minimal 40 persen, serta memiliki fasilitas produksi di dalam negeri.

Tak cukup sampai di situ, Ardi mengatakan pihaknya akan terus berusaha meningkatkan kandungan lokal produk motor listriknya.

Salah satu caranya adalah dengan memproduksi lebih banyak lagi komponen lokal yang digunakan di seluruh lini produk Gesits.

"Komponen yang kira-kira sudah bisa dibuat seperi rem cakram, kabel listrik, jadi macam-macam lah," ucap Ardi dalam kesempatan yang sama.

"Jadi produk-produk yang akan kami kembangkan pada tahun-tahun mendatang termasuk dari tahun ini, itu akan terus meningkat TKDN-nya," tambahnya.

"Insya Allah dengan adanya baterai lokal juga nanti (TKDN-nya) bisa mencapai 90 persen," pungkas Ardi.

Baca Juga: Daftar Merek Motor Listrik yang Disubsidi Rp 7 Juta, Gesits Sampai Volta

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa