Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Daftar Merek Motor Listrik yang Disubsidi Rp 7 Juta, Gesits Sampai Volta

Ferdian - Rabu, 22 Maret 2023 | 14:30 WIB
Aturan tentang subsidi motor listrik sebesar Rp 7 juta sebaiknya harus segera disahkan.
Gridoto.com/Farhan
Aturan tentang subsidi motor listrik sebesar Rp 7 juta sebaiknya harus segera disahkan.

Otomotifnet.com - Insentif motor listrik sudah disahkan pemerintah (20/3/2023).

Subsidi ini dinilai sebagai upaya mempercepat penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air, tercantum juga dalam Perpres 55/2019.

Khusus subsidi motor listrik, kebijakan tercantum dalam Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua.

Adapun berdasarkan peraturan tersebut yang tertuang dalam pasal 3 ayat 7, potongan harga yang diberikan sebesar Rp 7 juta untuk pembelian satu unit Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) roda dua.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier, mengatakan persyaratan motor listrik yang mendapatkan insentif harus diproduksi lokal dan memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) lebih dari 40 persen.

Menurutnya, pemenuhan nilai TKDN dibuktikan dengan sertifikat yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Saat ini jumlah perusahaan industri KBLBB roda dua yang memiliki sertifikasi TKDN di atas 40 persen per hari ini sudah ada delapan perusahaan dengan 13 model motor listrik," tutur Taufiek dalam konferensi pers di Jakarta (20/3/2023).

Meski tak disebutkan secara detail mereknya, sementara ini bocoran motor listrik yang dapat jatah subsidi motor listrik adalah Gesits, Volta, Selis, Smoot dan Viar.

Lebih lanjut, dalam pasal 3 ayat 1 disebutkan beberapa persyaratan untuk masyarakat yang boleh menerima subsidi motor listrik.

Program bantuan diberikan kepada masyarakat tertentu yang dibuktikan dengan kepemilikan nomor induk kependudukan yang terdaftar sebagai penerima manfaat.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa