Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Anak di Bawah Umur Terlibat Kecelakaan, Hukum Ini yang Diberlakukan

Ferdian - Rabu, 29 Maret 2023 | 08:30 WIB
Ilustrasi kecelakaan
Adam Samudra
Ilustrasi kecelakaan

Otomotifnet.com - Makin hari kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak di bawah umur makin meningkat.

Situasi yang cukup memprihatinkan ini tentu perlu mendapatkan penanganan serius.

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi mengatakan, langkah hukum bagi anak di bawah umur baiknya melakukan metode penerapan diversi dengan pendekatan keadilan restoratif dan mengesampaikan balas dendam.

"Penyelesaian diversi dengan pendekatan keadilan restoratif sebagai langkah yang tepat sesuai yang diamanahkan oleh Undang- Undang No 11 tahun 2012 tentang peradilan anak," kata Budiyanto dalam keterangan resmi (28/3/2023).

Dalam Pasal 16, UU No 11 tahun 2012 tentang peradilan anak, diversi yaitu metode mengalihkan kasus pidana yang dilakukan oleh anak dari metode formal dengan atau tanpa syarat ke proses yang non formal.

Budiyanto menjelaskan, dalam kasus kecelakaan lalin yang melibatkan anak sebagaimana diatur dalam Pasal 310 Ayat 1-4, UU No 22 tahun 2009, diversi dapat dipakai apabila kasus tersebut mengakibatkan kerugian harta benda, luka- luka bahkan sampai korban meninggal dunia.

"Kendala yang sering muncul pada saat menerapkan cara diversi mengalami kebuntuan dalamm musyawarah terutama berkaitan dengan besarnya ganti rugi," ujar Budiyanto.

"Kendala tetap ada, namun tetap harus berjalan karena amanah UU bahwa yang mengatakan pada tingkat penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan perkara anak di pengadilan wajib diupayakan diversi," ujarnya.

"Penyelesaian perkara anak yang berkonflik dengan hukum tetap mengedepankan pendekatan keadilan restoratif dengan cara musyawarah dan melibatkan para pihak dengan tujuan untuk menghindari balas dendam dan menyelesaikan perkara di luar pengadilan," katanya.

Persyaratan diversi dalam Pasal 7 UU No 11 tahun 2012, ialah pada tingkat penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan perkara anak di pengadilan wajib diupayakan diversi.

Diversi yang dimaksud ialah dalam hal tindak pidana yaitu diancam dengan pidana penjara di bawah tujuh tahun dan bukan merupakan pengulangan tindak pidana.

Baca Juga: Terkuak, Bocah 15 Tahun Tabrak Siswa SMA di Semarang Lakukan 5 Pelanggaran

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/28/100200615/hukum-yang-berlaku-pada-kasus-kecelakaan-melibatkan-anak-bawah-umur

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa