Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Agar Mudik Nyaman, Bridgestone Bagikan Tips Persiapan Sebelum Perjalanan

Rendy Surya - Kamis, 30 Maret 2023 | 15:00 WIB
Toko Model (TOMO) Bridgestone
Bridgestone
Toko Model (TOMO) Bridgestone

Otomotifnet.com – Terkait dengan keselamatan berkendara jelang liburan hari raya yang identik dengan mudik, Bridgestone Indonesia membagikan 4 tips bagi para pemudik, khususnya yang akan pulang ke kampung halaman tahun ini dengan menggunakan kendaraan pribadi.

“Keselamatan pengendara dan penumpang menjadi prioritas dan kunci perjalanan mudik. Untuk itu, kami senantiasa mengingatkan para pelanggan kami untuk melakukan persiapan jelang mudik dengan seksama melalui tips-tips praktis keselamatan berkendara,” ujar President Director Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno.

Pastikan mobil dan ban dalam kondisi prima.

Jadwalkan dan periksa kondisi kendaraan dua hingga satu minggu sebelum jadwal mudik untuk memastikan kondisi mobil seperti ban, air radiator, air aki, minyak rem, oli, hingga air pembersih kaca dalam kondisi yang baik.

Khusus untuk ban, pastikan ban kendaraan dalam kondisi prima yang berperan penting menopang beban kendaraan, menyerap guncangan jalan, meneruskan traksi dan gaya pengereman serta merubah dan mengarahkan laju kendaraan.

Cek keausan ban lewat Tread Wear Indicator (TWI)
Bridgestone
Cek keausan ban lewat Tread Wear Indicator (TWI)

Karena itu, perannya vital, dan penting untuk diganti jika sudah menunjukkan sejumlah tanda.

Salah satu indikator atau penanda yang penting yakni tread wear indicator (TWI) yang merupakan tanda keausan sebuah ban.

"Jadi sebaiknya cek ketebalan tapak ban, cek enam posisi di shoulder dan wear bar, atau bentuk segitiga di sisi ban dan juga bilah-bilah pada tapak ban,"

"Bentuk segitiga-segitiga kecil di sisi ban berfungsi untuk menunjukkan bahwa jika bagian tersebut sudah rata dengan dinding ban, maka ban sudah mencapai masa keausannya,"

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa