Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ga Bisa Arogan Lagi, Selain Pelat RF Beberapa Kode Khusus Juga Bakal Dihapus

Ferdian - Rabu, 28 Juni 2023 | 18:40 WIB
Ilustrasi mobil dengan Pelat RFS
kompasiana.com
Ilustrasi mobil dengan Pelat RFS

Otomotifnet.com - Biar enggak sok arogan lagi di jalan, beberapa pelat nomor khusus akan distop bulan Oktober 2023.

Korlantas menilai, penggunaan beberapa pelat nomor khusus sudah tidak sesuai dengan fungsi awalnya, yakni untuk digunakan oleh pejabat kementerian, serta perwira TNI dan Polri.

Brigjen Pol Yusri Yunus, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri mengatakan, beberapa nomor khusus seperti pelat RF kini banyak digunakan oleh masyarakat sipil yang tak berkepentingan.

“Hal itu seolah memunculkan diferensiasi, ada pengendara yang merasa spesial karena pakai pelat RF dan jadi semena-mena saat di jalan,” ucapnya saat dihubungi (27/6/2023).

Untuk diketahui, perilaku arogan pengendara yang menggunakan pelat RF cukup sering dijumpai di jalan dalam kurun beberapa waktu terakhir.

Menyikapi hal itu, Korlantas untuk menyetop persebaran pelat nomor khusus.

Tidak hanya RF, tapi juga beberapa lainnya seperti QH, BH, dan IR yang juga cukup sering ditemui.

“Kami pastikan semua itu (pelat nomor khusus) akan berhenti persebarannya pada bulan ke-10 tahun ini (Oktober 2023),” ucapnya.

Ia menambahkan, nantinya pelat nomor khusus baru akan memiliki kode Z, diikuti dengan beberapa nomor registrasi spesial yang terdaftar di database Polisi.

“Jadi saya tertibkan kembali, mulai sekarang hanya pihak-pihak tertentu saja yang boleh memakai pelat nomor khusus,” katanya.

Baca Juga: Pelat Dewa Masih Kalah Sakti, Nopol Ini Bebas Pajak, Ga Bisa Dituntut

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/27/161200315/selain-pelat-rf-beberapa-kode-belakang-khusus-juga-akan-dihapus

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa