Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenapa Sekarang Beli Motor Baru Honda Cuma Dapat 1 Kali Gratis Oli Mesin, Perkara Inreyen

Ferdian - Jumat, 14 Juli 2023 | 22:30 WIB
Ilustrasi servis motor di bengkel resmi Honda
Farhan
Ilustrasi servis motor di bengkel resmi Honda

Otomotifnet.com - Banyak yang enggak menyadari kalau beli motor Honda dulu dapat banyak jatah gratis oli mesin dan jasa servis.

Beda dengan sekarang yang kalau beli motor baru Honda cuma dapat 1 kali gratis oli mesin, dan gratis biaya jasa sampai servis ke-4.

"Dahulu kalau beli motor baru Honda seperti Astrea Grand atau Honda Tiger, dapat 3 kali servis gratis berserta oli mesinnya," ucap Sapari, Kepala Bengkel AHASS Kawi.

"Jadi, servis Kupon Perawatan Berkala (KPB) nya gitu hanya 3 kali. Tapi saat itu sudah gratis oli mesin dan biaya jasa servis," tambahnya saat ditemui Senin lalu (3/7/2023).

Selain kebijakan dari pabrikan, menurut Sapari perbedaan servis dan oli gratis motor Honda zaman dulu dengan motor baru Honda saat ini berkaitan dengan masa inreyen mesin.

"Dahulu bengkel resmi seperti AHASS ini sangat ketat untuk mengingatkan konsumen buat lakukan inreyen. Makanya ada 3 kali gratis jasa servis dan oli mesin," jelas Sapari.

"Kalau sekarang teknologi semakin berkembang sehingga motor baru tidak perlu lagi inreyen," tambah pria yang mengawali karirnya sebagai Mekanik AHASS pada tahun 1996 ini,

Meski demikian, motor baru Honda sekarang setelah diterima masih harus ganti oli mesin lebih cepat dibandingkan jadwal ganti oli mesin normalnya.

"Pada 1.000 km atau 1 bulan pertama motor baru Honda diterima konsumen, wajib lakukan servis dan pergantian oli mesin pertama," kata Sapari.

"Tujuannya supaya sisa-sisa gram atau pemasangan di mesin saat masih dipabrik juga ikut terbuang dan digantikan dengan oli mesin baru," tutupnya saat ditemui di Jalan Raya Margasatwa No.30, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa