Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pengelola Jangan Julit, Mobil Hilang di Parkiran Tanggung Jawabmu, Nih Aturannya

Ferdian - Sabtu, 22 Juli 2023 | 12:30 WIB
Ilustrasi. Parkir Mobil jangan di dekat exhaust AC rumah atau di bawah pohon
Dok. Otomotif
Ilustrasi. Parkir Mobil jangan di dekat exhaust AC rumah atau di bawah pohon

Otomotifnet.com - Pasti sering melihat tulisan di tempat parkir, kehilangan bukan menjadi tanggung jawab pengelola, jangan julit donk!

Tulisan ini seakan-akan membuat pihak penyedia lahan parkir lepas tangan terhadap benda yang dititipkan, padahal kita sudah bayar.

Memang bisakah pemilik mobil menuntut ganti rugi ke pengelola parkir kalau kehilangan kendaraan saat parkir?

Jhon Thomson, Advokat dan Penasihat Hukum dari Firma Hukum J. Thomson & Partners mengatakan, konsumen yang kehilangan kendaraan di area parkir tetap merupakan tanggung jawab pengelola.

"Walaupun tertera tulisan 'Kehilangan Bukan Tanggung Jawab Pengelola', tetap merupakan tanggung jawab pengelola parkir, di mana konsumen berhak menuntut ganti rugi senilai kendaraan yang hilang," kata Jhon (21/7/2023).

Jhon mengatakan pencantuman pengumuman seperti itu adalah klausula baku yang bertentangan hukum sebagaimana dilarang dalam Pasal 18 UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

"Sedangkan terkait ganti rugi sudah ada yurisprudensi Putusan Mahkamah Agung No 3416/Pdt/1985 menyebutkan bahwa kegiatan usaha parkir merupakan perjanjian penitipan barang sehingga hilangnya barang atau kendaraan pemilik sebagai pengguna jasa parkir menjadi tanggung jawab pengelola parkir," ujarnya.

Baik lahan parkir tersebut berbayar maupun sebagai fasilitas, setiap usaha parkiran merupakan wujud perjanjian penitipan sehingga bila benda yang dititipkan hilang maka pihak yang menyanggupi dititipi harus tanggung jawab.

Maka dari itu kita perlu selektif dalam menitipkan mobil saat di parkiran agar hak-hak kita selaku konsumen bisa tetap terpenuhi.

Baca Juga: Kawasan Senopati Diawasi Mata-mata Canggih, Parkir Liar Siap Diderek Truk

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/21/141200915/benarkah-kehilangan-kendaraan-bukan-tanggung-jawab-pengelola-parkir-

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa