Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Truk Listrik Mitsubishi eCanter Baru Dijual Tahun Depan, Ini Alasannya

Raspati Dana - Senin, 14 Agustus 2023 | 20:50 WIB
Mitsubishi eCanter generasi terbaru hadir di GIIAS 2023
Raspati/Otomotifnet
Mitsubishi eCanter generasi terbaru hadir di GIIAS 2023

Otomotifnet.com - Mitsubishi Fuso, merek legendaris di segmen truk niaga turut berpartisipasi dalam meramaikan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Tanah Air.

Hal tersebut direalisasikan dengan merilis produk bernama eCanter.

Bisa dibilang, eCanter merupakan pelopor kendaraan niaga bertenaga listrik di pasar otomotif nasional.

Sedikit kilas balik, Mitsubishi eCanter sendiri  pertama kali hadir di Indonesia dalam pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 lalu.

Kini di ajang GIIAS 2023, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia menghadirkan generasi terbaru eCanter.

Sebelum diperkenalkan kepada publik nasional, eCanter sudah melakukan serangkaian tes yang dilakukan bersama beberapa perusahaan di Indonesia, seperti B-Log, Nestle, Pos Indonesia dan GoTo.

Dari uji coba yang dilakukan sejak akhir tahun lalu hingga awal 2023 dan telah menempuh jarak kurang lebih 10.000 km, respon dari perusahaan tersebut menunjukkan hasil yang positif bagi eCanter.

"Semuanya memberikan respon yang positif terhadap produk eCanter. Mulai dari performa hingga kenyamanan," kata Nobukazu Tanaka, President Director PT KTB, Jumat (11/8/2023).

Bicara spesifikasi, Next generation eCanter dibekali dengan eAxle, yaitu teknologi canggih yang hadir dengan driveline ringkas tanpa propeller shaft.

Mitsubishi Next Generation eCanter di GIIAS 2023
Raspati/Otomotifnet
Mitsubishi Next Generation eCanter di GIIAS 2023

Beberapa keunggulan teknologi eAxle antara lain biaya perawatan yang lebih rendah, mudah diservis, halus, gesit dan akselerasi yang mulus (tidak ada guncangan perpindahan gigi atau gangguan torsi).

Selain itu, eCanter generasi terbaru ini memiliki 3 pilihan ukuran baterai, yaitu S, M dan L.

Variasi pada ukuran baterai tersebut akan memudahkan pengguna menyesuaikan kebutuhannya. Adapun detailnya sebagai berikut.

Size Range (km) Power (kWh)
S 70-100 41
M 120-150 83
L 170-200 124

Sayangnya, meski sudah siap dipasarkan di Indonesia, Nobukazu mengaku masih belum bisa mengumumkan harga jual Mitsubishi eCanter.

"Kami tidak bisa mengatakan secara detail, pasti secara harga akan lebih mahal dari yang versi konvensional,"

"Tapi saya harap dan kemungkinan (peluncuran dan penjualan eCanter) ada di satu waktu sekitar pertengahan 2024," lanjut pria asal Jepang ini.

Dirinya berharap, pemerintah bisa memberikan keringanan, baik dari aspek pajak maupun faktor lain.

Sehingga kendaraan komersial listrik bisa dijual ke masyarakat dengan harga lebih terjangkau.

"Saat ini pemerintah secara bertahap mendorong pengenalan kendaraan listrik dengan memberikan keringanan pajak maupun insentif kepada mobil maupun sepeda motor listrik,"

"Meski regulasi terkait insentif kendaraan komersial berbasis listrik belum dibuat, saya yakin pemerintah akan mempelajarinya dalam waktu dekat," pungkas Nobukazu.

Baca Juga: Belum Dijual Meski Sudah Diperkenalkan, Ini Bocoran Kapan Mitsubishi Fuso eCanter Dirilis

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa