Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jalan Tol Baru Sepanjang 38,60 Km Siap Berdiri, Libas 31 Desa dan 3 Kelurahan di Tangerang

Irsyaad W - Sabtu, 19 Agustus 2023 | 16:30 WIB
Penlok Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg
Dok. BPJT Kementerian PUPR
Penlok Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg

Otomotifnet.com - Jalan tol baru sepanjang 38,60 Kilometer (Km) siap berdiri melewati wilayah Tangerang, Banten.

Khusus di Tangerang, ada 31 desa dan 3 kelurahan yang dilibas tol Kamal-Teluknaga-Rajeg ini.

Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg akan tersambung penuh pada 2026 untuk mengatasi kemacetan antara Provinsi Banten dan DKI Jakarta.

Jalan tol ini juga akan terhubung dengan Bandara Soekarno-Hatta, dan memiliki 7 interchange, 2 junction, 1 on ramp, 4 jembatan dan 5 underpass.

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta telah melaksanakan penetapan lokasi (penlok) untuk pembangunan Ruas Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg (Kaltara) pada Januari 2023 lalu.

Lahan yang ditetapkan di wilayah Jakarta untuk proyek Tol Kaltara berlokasi di Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Di Jakarta, proyeknya membutuhkan luas sekitar 131.339 meter persegi atau 13,13 hektar dengan perkiraan pengadaan tanah selesai dalam waktu 268 hari atau 8 bulan.

Sementara berdasarkan informasi dari laman resmi Simpul KPBU Kementerian PUPR, pembangunan Tol Kaltara diprakarsai oleh PT Duta Graha Karya dengan biaya konstruksi sebesar Rp 8,68 triliun.

Tol Kaltara merupakan Jalan Tol Lingkar Utara yang bertujuan untuk mengembangkan kawasan Kabupaten Tangerang bagian utara.

Ruas jalan tol ini dimulai dari Cikupa, Rajeg dan Mauk yang akan terkoneksi dengan tol Sedyatmo atau kawasan Bandara Soekarno Hatta.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa