Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Banyak Truk Kecelakaan Disebabkan Sopir, UD Trucks Edukasi Keselamatan Berkendara

Rendy Surya - Minggu, 20 Agustus 2023 | 14:30 WIB
Penyerahan Apresiasi kepada Pengemudi oleh tim UD Trucks Indonesia
UD Trucks
Penyerahan Apresiasi kepada Pengemudi oleh tim UD Trucks Indonesia

Otomotifnet.com - UD Trucks Indonesia mengadakan UD Trucks Safety Driving Talkshow, Sabtu (19/8/2023) di booth-nya di GIIAS 2023.

UD Trucks tegaskan komitmennya untuk mempromosikan keselamatan berkendara dan tanggung jawab terhadap lingkungan melalui peluncuran solusi berkendara terbaru.

Dalam mendukung peraturan Kementerian Perhubungan RI, UD Trucks Indonesia memastikan kendaraan niaganya memenuhi standar tertinggi dalam hal keselamatan dan pengendalian emisi, sehingga memberikan dampak positif yang signifikan terhadap lingkungan.

Dalam acara talkshow, Christine Arifin, Marketing and Business Development Head UD Trucks Indonesia menjelaskan, “Dengan menggabungkan teknologi keselamatan dan lingkungan canggih ke dalam kendaraan komersial, kami berkomitmen menciptakan masa depan yang lebih aman dan bersih bagi masyarakat Indonesia. Solusi mengemudi kami dirancang untuk melampaui harapan pelanggan kami dan selaras dengan visi pemerintah tentang sektor transportasi yang lebih hijau.”

Foto bersama Management UD Trucks, Sony Susmana dan para pengemudi truk di acara TalkShow (19/8/2023)
UD Trucks
Foto bersama Management UD Trucks, Sony Susmana dan para pengemudi truk di acara TalkShow (19/8/2023)

Dijelaskan lagi, solusi dari UD Trucks Indonesia mencakup berbagai fitur canggih, antara lain sistem mitigasi tabrakan, Lane Departure Warning System (peringatan keberangkatan jalur), dan adaptive cruise control.

Selain ragam teknologi yang disematkan, unsur utama dalam keselamatan berkendara adalah pengemudi.

Dalam talkshow, Sony Susmana, perwakilan dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengungkapkan bahwa 99% kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh pengemudi.

“Pengemudi harus mempunyai kompetensi hard skill dan soft skill dalam berkendara. Terutama untuk pengemudi SIM B, yang mempunyai tanggung jawab besar untuk memastikan kendaraanya dalam keadaan baik saat beroperasi di jalan raya,” jelasnya.  

Selain itu Sony juga mengingatkan bahwa pengemudi truk wajib menguasai manajemen berkendara termasuk pengaturan waktu istirahat dan bukan mengutamakan emosi saat berkendara.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa