Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Boleh Dicatat, Penerbitan STNK dan Balik Nama Kendaraan Listrik Habis Duit Segini

Ferdian - Minggu, 20 Agustus 2023 | 21:00 WIB
Ilustrasi mobil listrik
Aries Aditya
Ilustrasi mobil listrik

Otomotifnet.com - Buat yang penasaran, segini biaya penerbitan STNK dan balik nama kendaraan listrik.

Seperti diketahui Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) jadi salah satu hal yang penting dimiliki kendaraan bermotor listrik (KBL), roda dua maupun roda empat, agar bisa digunakan di jalan raya.

Peraturan ini tertera pada Pasal 66 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Di mana produk hukum itu menyebutkan, setiap kendaraan bermotor wajib diregistrasi supaya memenuhi persyaratan layak jalan.

Pajak KBL yang tertera pada Peraturan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia No.6 Tahun 2023 Tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Pajak Alat Berat Tahun 2023, PKB dan BBNKB khusus kendaraan listrik berbasis baterai adalah nol persen.

Selanjutnya, Pasal 10 Ayat 1, tertulis, " Pengenaan PKB Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai untuk orang atau barang ditetapkan sebesar 0 persen dari dasar pengenaan PKB."

Sementara pada ayat kedua, tertulis "Pengenaan BBNKB KBL Berbasis Baterai untuk orang atau barang ditetapkan sebesar 0 persen dari dasar pengenaan BBNKB."

Sedangkan biaya untuk pembuatan STNK KBL yang baru mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku di Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah :

1. Biaya penerbitan dan perpanjangan STNK

Roda dua dan tiga sebesar Rp 100.000

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa