Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Karat Juga Bisa Menyerang Rangka dan Bodi Mobil, Begini Mencegahnya

Harryt MR - Jumat, 25 Agustus 2023 | 20:30 WIB
Pelapisan anti karat umumnya dilakukan di kaki-kaki mobil, bagian dalam fender mobil, rongga di dalam ruang mesin, dan panel pintu
Auto2000
Pelapisan anti karat umumnya dilakukan di kaki-kaki mobil, bagian dalam fender mobil, rongga di dalam ruang mesin, dan panel pintu

Otomotifnet.com - Lagi ramai soal karat, ternyata tak hanya rangka motor yang berpotensi keropos akibat karat. Jika diabaikan karat juga bisa bisa menyerang rangka dan bodi mobil sob.

Layaknya penyakit kanker, karat sering tidak terdeteksi dan menjadi masalah besar ketika sudah menyebar. Kalau kejadian, butuh perbaikan yang kompleks dan mahal.

Apalagi kalau sampai bodi mobil keropos imbas diserang karat, pastinya bikin amsiong isi kantong.

“Karat merupakan hasil korosi, yaitu proses oksidasi pada logam yang cepat menyebar dan memiliki efek samping yang merugikan,” bilang Yanto Rudianto, Body Paint Analyst Auto2000 (25/8/2023).

Masih menurut Yanto, meskipun mobil telah dilapisi bahan anti karat, namun tidak semua area logam terlapisi dan ada risiko terkikis seiring pemakaian.

“Serangan karat sulit untuk dideteksi dan menjadi masalah besar bila tidak segera ditangani, seperti bodi keropos dan rapuh,” sambung Yanto.

Lalu bagaimana cara mencegahnya? Dijelaskan oleh Yanto, risiko dampak karat dapat dikurangi dengan perawatan, seperti rutin mencuci mobil sebagai langkah awal yang krusial.

Perhatikan lokasi mencuci, jangan di bawah terik matahari yang membuat air cepat menguap padahal kotoran masih tertinggal.

Hindari mencuci di bawah pohon karena ada risiko terkena getah pohon atau kotoran binatang, atau mencuci di malam hari karena mobil susah kering dan menjadi lembab.

Gunakan alat yang sesuai, seperti kain lap kanebo untuk mengelap air, dan kain microfiber di tahap finishing agar kering sempurna.

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa