Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Tak Lulus Uji Emisi Banyak Keluar Duit, Bayar Tilang Masih Ditambah Ini

Ferdian - Minggu, 3 September 2023 | 19:35 WIB
Ilustrasi. Hasil uji emisi kendaraan bermotor bisa dipengaruhi berbagai faktor
Angga Raditya
Ilustrasi. Hasil uji emisi kendaraan bermotor bisa dipengaruhi berbagai faktor

Otomotifnet.com - Mobil atau motor yang tidak lulus uji emisi harus bayar denda tilang dan ditambah keluar duit buat ini.

Yaps selain sanksi denda, mobil-motor tak lolos uji emisi bakal bayar tarif parkir mahal.

Pemberlakukan tarif denda tidak lolos uji emisi, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan berupa tilang.

Besaran denda untuk kendaraan yang tidak lolos uji emisi, untuk motor Rp 250.000, sedangkan untuk mobil dikenakan maksimal Rp 500.000

Sedangkan untuk tarif parkir yang tinggi atau sering disebut “tarif disinsentif” ini, tertuang apa Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Isi peraturan Pasal 17 yaitu “setiap pemilik kendaraan bermotor yang tidak melakukan atau tidak memenuhi ketentuan uji emisi gas buang akan dikenakan tarif disinsentif pembayaran tarif tertinggi”.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, tarif parkir tinggi berlaku khusus bagi kendaraan bermotor roda empat yang tidak lolos uji emisi (6/2/2023).

Ilustrasi. Parkir Mobil jangan di dekat exhaust AC rumah atau di bawah pohon
Dok. Otomotif
Ilustrasi. Parkir Mobil jangan di dekat exhaust AC rumah atau di bawah pohon

“Sekarang ada 11 lokasi parkir yang ditetapkan tarif disinsentif bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi,” ungkap Syafrin (3/2/2023).

Syafrin juga menambahkan, kebijakan disinsentif bukan hanya untuk menangani persoalan transportasi, tapi juga turut mendukung upaya menjaga Jakarta dari polusi.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa