Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Anggap Sepele, Segini Harga Catalytic Converter Bila Rusak

Andhika Arthawijaya - Jumat, 22 September 2023 | 23:40 WIB
Katalis atau catalytic converter Suzuki Karimun Wagon R 2014
Istimewa/MSM
Katalis atau catalytic converter Suzuki Karimun Wagon R 2014

Otomotifnet.com – Catalytic converter yang ada di knalpot, berfungsi untuk menekan zat beracun pada gas hasil pembakaran.

Bentuknya yang seperti sarang tawon, memungkinkan komponen ini seiring pemakaian kendaraan, mengalami penyumbatan, bahkan rusak atau rotok.

“Bisanya yang menyebabkan catalytic converter cepat rusak akibat pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai,” beber Sumarno Andi, punggawa Masmun Sukses Motor di Solo, Jawa Tengah, yang pernah jadi trainer mekanik di salah satu pabrikan mobil Jepang.

Bahan bakar yang tidak sesuai atau kualitasnya rendah, dapat mempercepat munculnya deposit carbon, yang lama-lama akan menyumbat catalytic converter.

Baca Juga: Catalytic Converter Mobil Bisa Rontok Bila Sering Konsumsi BBM Jelek, Ciri-Cirinya Begini!

Ilustrasi Catalytic converter knalpot yang rusak
Ecotrade Group
Ilustrasi Catalytic converter knalpot yang rusak

Nah, ketika catalytic converter mengalami penyumbatan, lalu mobil digeber pada putaran mesin tinggi, bisa membuat catalytic converter jadi merah membara, lalu lama-lama rusak bahkan rontok.

Seperti yang dialami Boy pada Suzuki Karimun Wagon R keluaran 2014, “Iya waktu itu pas lagi lari di kecepatan tinggi, mendadak mesin ngeden, lalu mati,” tuturnya.

Ketika dicek, ternyata akibat catalytic converternya rontok, lalu menyumbat resonator.

Dan sialnya, ketika mobilnya tersebut diuji emisinya di bengkel Suzuki Sumber Baru Aneka Mobil (SBAM) Pondok Gede, Jakarta Timur, hasilnya tidak lolos lantaran kadar HC-nya (Hydrocarbon) terlalu tinggi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa