Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jalur Ini Bikin Sopir Truk Mikir-mikir Kalau Kirim Barang, Jam Terbang Penting

Ferdian - Selasa, 26 September 2023 | 18:30 WIB
Lintas Sumatera jadi ruas jalan yang menakutkan bagi para sopir truk
Hendra
Lintas Sumatera jadi ruas jalan yang menakutkan bagi para sopir truk

Otomotifnet.com - Terkuak, jalur ini yang masih jadi momok menakutkan buat para sopir truk.

Bukan karena kisah mistis jalan tersebut, tapi aksi para pelaku pungli.

Bahkan saking niatnya, oknum pungli punya markas atau pos penjagaan khusus untuk menghentikan sopir truk agar memberikan jatah preman, istilahnya.

Dilansir dari Kompas.com, Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jateng-DIY Bambang Widjanarko mengatakan, jalur Sumatera saat ini masih jadi lintasan yang paling menakutkan untuk sopir truk karena banyak oknum pelaku pungli.

“Kalau di jalan antarkota itu paling banyak pungli di Sumatera. Misalnya perjalanan dari Bandung ke Palembang sebelum ada tol. Kalau lewat jalan arteri itu banyak sekali yang disebut Pos Keamanan Jalan Raya (PKJR),” kata Bambang (24/9/2023).

Bambang menjelaskan, PKJR adalah tempat pemungutan dana dari sejumlah oknum terhadap sopir truk, tapi bukan retribusi legal.

Biasanya oknum yang memungut dana adalah pemuda setempat berkedok pembangunan desa.

“Tidak ada yang tahu dananya untuk apa. Tapi kita tidak percaya untuk pembangunan desa. Biasanya mereka untuk minum-minum atau pesta,” kata Bambang.

Kadang-kadang yang jaga PKJR itu pemuda yang beraroma alkohol dengan tampilan seperti preman yang bertato, anting-anting, dan sebagainya.

“Makanya, kita suka aneh masa sih untuk pembangunan desa, kalau pembangunan desa pasti ada dananya dari pemerintah, tidak mungkin pemungutan uang di jalan seperti itu,” kata Bambang.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa