Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Diesel Selalu Isi BBM Kualitas Bagus Apakah Tetap Perlu Purging?

Andhika Arthawijaya - Rabu, 11 Oktober 2023 | 18:45 WIB
Ilustrasi purging mesin mobil diesel
Andhika Arthawijaya/Otomotifnet
Ilustrasi purging mesin mobil diesel

Otomotifnet.com – Salah satu atau bahkan penyebab utama saluran bahan bakar mobil diesel cepat kotor adalah akibat penggunaan BBM disel kualitas rendah.

Contohnya mobil diesel modern yang sudah mengusung teknologi commom-rail, tapi nenggaknya Bio Solar.

Makanya kerap dijumpai kasus injector mobil diesel modern tersumbat, atau fuel pumpnya bermasalah lantaran terjadi penumpukkan residu akibat penggunaan BBM diesel kualitas rendah tadi.

Kalau sudah demikian, siap-siap keluar duit banyak untuk perbaikannya, lantaran harga sebuah injector mesin diesel common-rail itu tidak murah loh.

Baca Juga: Jangan Merasa Aman, Mobil Belum Lama Pakai Pun Bisa Gak Lolos Uji Emisi Bila Kondisinya Begini

Untuk menghindari hal itu, ada juga pemilik mobil diesel modern yang mengantisipasinya dengan melakukan purging saluran bahan bakar secara rutin.

Nah yang jadi pertanyaan, jika mobilnya sejak beli dari baru selalu pakai bahan bakar diesel kualitas bagus, apakah masih perlu dilakukan treatment purging untuk menjaga saluran bahan bakarnya tetap bersih?

Oke langsung saja, jika dari kondisi baru mobilnya selalu mengkonsumsi bahan bakar dengan kualitas bagus, tidak melakukan purging pun tak masalah.

Menurut Sumarno, punggawa Masmun Sukses Motor yang markasnya ada di Solo, Jawa Tengah, jika dari baru selalu menggunakan bahan bakar dengan kualitas baik, tidak dilakukan purging pun sebenarnya tidak masalah.

“Asalkan periodical maintenance atau servis berkalanya selalu dijaga, dan lakukan penggantian filter solar tepat waktu,” bilangnya pada Otomotifnet.com beberapa waktu lalu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa