Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Purging Mobil Diesel Gak Perlu-Perlu Amat Bila Pemilik Lakukan Ini

Andhika Arthawijaya - Rabu, 12 Juli 2023 | 23:45 WIB
Purging mesin Toyota Kijang Innova diesel, baiknya jangan terlalu sering karena cari cairan bersifat korosif
Andhika Arthawijaya/Otomotifnet
Purging mesin Toyota Kijang Innova diesel, baiknya jangan terlalu sering karena cari cairan bersifat korosif

Otomotifnet.com – Saat ini tak sedikit pemilik mobil diesel yang rajin melakukan purging, guna merontokkan kemungkinan adanya deposit di dalam saluran bahan bakar, terutama pada diesel common-rail.

Trik ini dilakukan untuk menghindari resiko terjadi clogging dalam saluran bahan bakar, terutama pada nozzle injector yang dapat menyebabkan performa drop dan emisi gas buang jadi memburuk.

Paling parah bila sampai injektornya rusak, harganya kan tidak murah.

Padahal treatment purging ini sebenarnya tidak perlu dilakukan bila pemilik mobil diesel disiplin dalam memilih BBM diesel yang tepat atau sesuai anjuran pabrik.

Baca Juga: Mobil Diesel Sering Purging Bikin Part Ini Rusak, Setahun Dua Kali Cukup

Apalagi perawatan ini (purging) sendiri tidak ada dalam layanan servis di bengkel resmi.

“Berdasarkan pengalaman saya waktu kerja di APM mobil, di dalam buku manual tidak ada itu yang namanya maintenance atau perawatan rutin dengan purging,” beber Sumarno Andi, punggawa Masmun Sukses Motor di Solo, Jawa Tengah, yang pernah jadi trainer mekanik di salah satu pabrikan mobil Jepang.

Tapi, lanjutnya, seiring berkembangnya teknologi, beberapa produsen chemical perawatan kendaraan lantas membuat terobosan menciptakan solusi perawatan injector tanpa bongkar mesin. “Maka muncul lah ini, chemical purging,” imbuhnya.

Namun menurut Sumarno yang harus diluruskan soal maintenance atau perawatan mesin kendaraan adalah bukan mengobati, tapi mencegah.

“Purging itu ibarat kalau orang sakit diinfus, itu kan ilegal. Harusnya kalau kita sakit apa kan pakai obat dengan cara diminum atau makan,” jelas Sumarno.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa