Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gurita Bisnis Arista Group, Sosok Ini Berani Pegang Dealer Aneka Merek

Harryt MR - Jumat, 13 Oktober 2023 | 08:00 WIB
Sosok dibalik suksesnya Arista Group, Pendirinya adalah Hartono Sohor (foto ketiga dari kiri)
Harryt / Otomotifnet.com
Sosok dibalik suksesnya Arista Group, Pendirinya adalah Hartono Sohor (foto ketiga dari kiri)

Otomotifnet.com - Arista Group dikenal sebagai pemilik jaringan dealer berbagai merek otomotif. Yups, enggak cuma satu merek yang dipegang, namun delernya di Indonesia bisa beda-beda merek pabrikan otomotif.

Pendirinya adalah Hartono Sohor, yang awalnya merupakan seorang sales mobil dan hanya menggunakan motor untuk menjalani profesinya.

“Awalnya jadi sales mobil, itupun cuma pake motor dari orang tua,” cerita Hartono Sohor, pendiri sekaligus Chairman Arista Group.

Ia melanjutkan cerita, keberhasilannya menjadi seorang sales terjadi ketika dirinya pindah jadi sales di salah satu merek mobil.

“Saya pindah jualan mobil, dulu yang saya jual adalah Toyota Corolla SE. Rekor saya pernah jualan sebulan 3.000 unit. Lalu bertahap target saya tingkatkan,” bilang Hartono.

Sebagai informasi, Arista Group didirikan pada 2003. Hingga kini telah dipercaya membuka dealer dari sembilan brand otomotif dari berbagai macam segmen.

Yakni baik dealer kendaraan penumpang, kendaraan niaga, hingga dealer roda dua. Kesembilan brand tersebut yaitu Hyundai, Honda, Hino, Suzuki, Yamaha, Mercedes Benz, Wuling, Neta, dan Mitsubishi.

“Saya enggak lulus sarjana, (kuliah) cuma sampai tingkat 2. Modalnya hanya menjaga kepercayaan,” ungkap Hartono.

Dilanjut saat ini, Arista Group telah mengelola lebih dari 100 dealer yang tersebar di kota-kota besar Indonesia.

Dealership-nya pun tak hanya jualan, namun mencakup servis, sparepart, hingga tukar tambah. Termasuk memperluas jangkauan bisnisnya dalam usaha rental dan lelang kendaraan.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa