Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lane Hogger Salah Satu Pemicu Kecelakaan Beruntun, Ini Penjelasannya

Harryt MR - Jumat, 3 November 2023 | 20:50 WIB
(ilustrasi) Tiga Toyota Kijang Innova Reborn, Avanza, Isuzu Traga, Honda Freed dan HR-V ditabrak beruntun bus PO Batu Mukti Putra
Kompas.com/Dok. Warga
(ilustrasi) Tiga Toyota Kijang Innova Reborn, Avanza, Isuzu Traga, Honda Freed dan HR-V ditabrak beruntun bus PO Batu Mukti Putra

Otomotifnet.com - Belakangan ramai terjadi kecelakaan beruntun, hal ini tentu wajib diwaspadai. Sehingga Anda bisa lebih awas dan selalu konsentrasi dalam mengemudi. 

Sumber masalah utama kecelakaan beruntun atau tabrakan beruntun adalah pengemudi di belakang yang tidak menjaga jarak aman dengan mobil lain di depannya.

Meski begitu, pengemudi di depan enggak boleh berkendara asal-asalan dan mengandalkan kewaspadaan pengguna jalan lainnya. 

Biar lebih paham, yuks kita jabarkan pemicu kecelakaan beruntun, yang dijabarkan oleh Auto2000.

Pemicu pertama adalah akibat menjadi lane hogger, yaitu pengemudi yang tidak memperhatikan kecepatan mobil dan melaju pelan di lajur cepat. 

Biasanya dilakukan karena melihat lajur kanan yang kosong sehingga tidak mau menggunakan lajur tengah atau kiri. 

Nah risiko ditabrak dari belakang sangat besar jika terus memaksakan menjadi lane hogger.

Kedua lantaran tidak mau jaga jarak aman. Saat ini bahkan ada orang yang secara demonstratif menempel truk di depannya dan posting di sosial media. 

Tindakan tersebut jelas sangat berbahaya. Begitu ada situasi darurat, sobat akan kesulitan melakukan pengereman mendadak meskipun mobil telah dilengkapi fitur safety canggih.

Pemicu ketiga berkendara di bahu jalan. Dalam banyak kasus, ada kendaraan yang tengah berhenti darurat ditabrak dari belakang oleh penyerobot bahu jalan.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa