Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Musim Depan Motor MotoGP Dipelanin, Kapasitas Mesin Dikurangi Segini

Ferdian - Sabtu, 4 November 2023 | 09:00 WIB
Ilustrasi. Mesin motor MotoGP Yamaha YZR-M1.
MotoGP.com
Ilustrasi. Mesin motor MotoGP Yamaha YZR-M1.

Otomotifnet.com - Jangan kaget kalau beberapa tahun lagi, motor MotoGP akan lebih pelan.

Yap, karena pada musim 2027 regulasi mesin motor baru pada MotoGP dipangkas dari 1.000 cc ke 850 cc.

Dilansir dari GridOto, pengurangan cc mesin motor MotoGP ini demi menciptakan kompetisi yang lebih aman bagi para pembalap.

Motor MotoGP sekarang sudah dianggap terlalu kencang dan berbahaya, dan akan semakin kencang lagi tiap tahunnya jika tidak ada yang membendungnya.

Selain itu perubahan regulasi mesin juga akan bikin tiap pabrikan memulai persaingan dari nol lagi, sehingga balapan MotoGP diharapkan akan semakin seru lagi.

KTM dan Aprilia yang awalnya alot mengenai usulan tersebut, akhirnya telah menyetujui usulan yang diberikan General Manager Ducati Corse, Gigi Dall'Igna.

"Kami sepakat dengan pengurangan menjadi 850 cc. Kami pikir itu adalah pengurangan yang masuk akal," kata bos KTM Motorsports, Pit Beirer, dilansir dari Speedweek.

"Karena jika mengurangi 150 cc, torsi dan power akan dikurangi dari kelas ini. Kau bisa mengembangkan regulasi MotoGP yang keren dengan mesin 850 cc ini. Dan sekarang mayoritas sudah stabil dengan usulan 850 cc," jelasnya.

Beirer mengungkap bahwa ada banyak aspek, yang akhirnya membuat regulasi mesin 850 cc ini difavoritkan.

"Pada dasarnya Aprilia ingin tetap dengan 1.000 cc. Itu juga ide awal kami. Tapi setelah banyak diskusi, kami sepakat dengan 850 cc, yang mana ada banyak aspek positifnya," sambungnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa