Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Uji Emisi Dipastikan Lanjut Terus, DLH Sebut Ada Prosedur yang Diubah

Ferdian - Selasa, 7 November 2023 | 15:30 WIB
Nantinya hasil uji emisi ini akan didaftarkan ke dinas terkait, dan konsumen mendapatkan sertifikat lulus uji emisi jika dinyatakan lolos.
Raspati/Otomotifnet
Nantinya hasil uji emisi ini akan didaftarkan ke dinas terkait, dan konsumen mendapatkan sertifikat lulus uji emisi jika dinyatakan lolos.

Otomotifnet.com - Meski tilang ditiadakan, razia uji emisi tetap akan dilanjut sesuai agenda awal.

Hanya saja, ada beberapa penyesuaian yang dilakukan supaya lebih meringankan masyarakat.

Yang mana sanksi tilang dan denda senilai Rp 250.000 untuk motor dan Rp 500.000 untuk mobil ditiadakan.

Dilansir dari Kompas.com, Yogi Ikhwan, Kepala Seksi Penyimpanan dan Penyaluran DLH Pemprov DKI Jakarta menjelaskan, kewenangan melakukan tilang adalah yuridiksi pihak Kepolisian.

Usai dilakukan evaluasi dan diskusi, berkaca dari pelaksanaan tilang uji emisi hari pertama pada Rabu (1/11/2023), diputuskan kalau sanksi denda ditiadakan.

“Sesuai diskusi dengan pihak PMJ (Polda Metro Jaya), pihak Polisi tidak lagi melakukan tilang. Tapi untuk razia (uji emisi) masih akan kami jalankan,” ucapnya kepada Kompas.com (6/11/2023).

Ubahan lain yang dilakukan oleh pihak DLH adalah menitikberatkan poin edukasi bagi seluruh pengendara saat razia uji emisi.

Yogi memastikan jika ke depannya, petugas DLH tidak hanya sekedar melakukan uji emisi, tapi juga menjelaskan secara terperinci soal apa itu emisi, dan seberapa pentingnya merawat kendaraan supaya emisinya sesuai.

“Razianya tetap dilakukan, tapi SOP (standar operasional prosedur) diganti. Poinnya itu tetap edukatif,” kata dia.

Melalui penerapan razia uji emisi yang sudah dievaluasi, DLH berharap supaya masyarakat tidak lagi ketakutan dan khawatir, berbeda dengan pelaksanaan di hari-hari sebelumnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa