Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Silahkan Dicoba, 11 Ruas Jalan Tol Siap Dilewati Secara Gratis Saat Nataru

Ferdian - Sabtu, 9 Desember 2023 | 21:00 WIB
Ilustrasi jalan tol
bpjt.pu.go.id
Ilustrasi jalan tol

Otomotifnet.com - Boleh dicoba nih, ada 11 ruas jalan tol baru yang akan bisa dilewati secara gratis saat libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Total panjang jalan tol tersebut mencapai 266,13 km.

Jalan tersebut terdiri dari enam ruas tol fungsional sepanjang 139,7 km dan lima ruas tol operasi yang belum bertarif sepanjang 126,43 km.

Dikutip dari Kompas.com, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pernah menyampaikan tentang rencana pengoperasioan fungsional terhadap enam ruas jalan tol.

"Yang dapat difungsikan pada Natal dan tahun baru adalah Japek II Selatan Ruas Kutanegara-Sadang dan Tol Solo-Yogyakarta Ruas Kartasura-Karanganom," ujarnya dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI terkait Kesiapan Infrastruktur dan Transportasi Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (21/11/2023).

Kemudian, di Pulau Sumatera akan ada tiga ruas jalan tol yang difungsikan, meliputi Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sepanjang 71 km; Tol Bangkinang-Tanjung Alai sepanjang 25 km; dan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura sepanjang 19 km.

"Penambahan ruas tol operasi atau fungsional sampai dengan Desember 2023 sepanjang 3,2 km, yaitu akses Makassar New Port (tahap 1 dan 2)," ujarnya.

Selanjutnya terkait lima ruas jalan tol operasi yang belum bertarif, informasi itu disadur dari unggahan akun Instagram resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Jumat (01/12/2023).

"Yang mau liburan lewat Jalan Tol Trans-Sumatera akhir tahun nanti ada lima ruas tol yang sudah beroperasi tapi masih belum bertarif alias gratis nih khususnya selama momentum mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," tulisnya.

Kelima ruas jalan tol yang dimaksud meliputi Jalan Tol Indralaya-Prabumulih; Jalan Tol Stabat-Kuala Bingai; Jalan Tol Indrapura-Lima Puluh; Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura; dan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5-6 (Blang Bintang-Baitussalam).

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa