Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Atur Jadwal Biar Enggak Kena Macet, Nih Lihat Prediksi Puncak Arus Mudik Libur Nataru

Ferdian - Rabu, 20 Desember 2023 | 20:30 WIB
Ilustrasi gerbang tol dipadati pemudik
Dok. Jasa Marga
Ilustrasi gerbang tol dipadati pemudik

Otomotifnet.com - Menyambut momen Libur Nataru, diprediksi jumlah masyarakat yang akan bepergian ke luar kota akan meningkat tajam.

Berdasar hasil survei yang pernah diinformasikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pengguna mobil pribadi masih mendominasi ketimbang moda transportasi lainnya.

Dikutip dari Kompas.com, prediksi jalur yang paling banyak dilalui pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 adalah Tol Trans Jawa dengan persentase 31,66 persen, Tol Cipularang 19,12 persen, dan Tol Jagorawi 15 persen.

Sementara untuk puncak arus mudik diprediksi bakal terjadi dalam dua periode yaitu, puncak arus Natal dan puncak arus Tahun Baru.

Untuk puncak arus mudik natal diprediksi terjadi mulai 22-23 Desember 2023. Sementara arus baliknya pada 26-27 Desember 2023.

Sedangkan puncak arus mudik tahun baru terjadi pada 29-30 Desember 2023 dan puncak arus baliknya terjadi pada 1-2 Januari 2024.

Dengan adanya prediksi tersebut, untuk menghindari kepadatan lalu lintas ada baiknya masyarakat yang akan berpergian menghindari tanggal-tanggal yang diperkirakan jadi puncak arus mudik dan balik, baik saat Natal dan Tahun Baru.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga)

Baca Juga: Buat Pegangan Waktu Berangkat Mudik, Segini Tarif Terbaru Tol Trans Jawa

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa