Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Skandal Daihatsu, Astra International Buka Suara Soal Ini

Harryt MR - Jumat, 5 Januari 2024 | 17:30 WIB
(ilustrasi) Stock yard Daihatsu. Pabrik Daihatsu Indonesia tetap berproduksi memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor
Astra Daihatsu Motor
(ilustrasi) Stock yard Daihatsu. Pabrik Daihatsu Indonesia tetap berproduksi memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor

Otomotifnet.com - Skandal Daihatsu manipulasi pengujian safety tabrakan samping yang dilakukan Daihatsu Motor Co. Ltd (DMC) Jepang, membuat gelisah industri otomotif nasional. 

Lantaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merupakan pemain besar industri otomotif, bahkan tercatat dengan penjualan terbesar kedua di tanah air. 

Terkait hal ini, induk PT ADM yaitu PT Astra International Tbk (ASII) buka suara menjawab polemik dari skandal uji tabrak yang menjerat Daihatsu Jepang

Dipaparkan oleh Corporate Secretary ASII, Gita Tiffany Boer, bahwa ADM adalah perusahaan yang sahamnya dimiliki perseroan sebesar 31,87 persen. 

Kemudian, saham dominan dikuasai oleh Daihatsu Motor Co., Ltd dan Toyota Tsusho Corporation. Lantas apakah Daihatsu Indonesia turut terdampak?

Pihaknya pun menjawab, meski bukan perusahaan pengendali perseroan. Namun ADM merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur kendaraan bermotor roda empat dengan merek Daihatsu atau merek lainnya di Indonesia.

Hal ini disampaikannya melalui keterangan resmi via Keterbukaan Informasi BEI (Bursa Efek Indonesia), yang dilansir pada Kamis (4/1/2023).

Lalu bagaimana dengan kegiatan produksi Daihatsu Indonesia? Serta apakah aktivitas ekspor Daihatsu Indonesia ikut terganggu?

"Kami sudah meminta tanggapan dan masukan dari ADM. Terkait kegiatan ekspor ADM, dampak finansial terhadap perseroan dari penghentian sementara sebagian ekspor ADM tidak bersifat material," terang Gita.

Baca Juga: Begini Kronologi Kecurangan Daihatsu Siasati Uji Tabrak Samping

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa