Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Demi Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, APBN Rp 7,7 Triliun Ludes Untuk Bayar Ini

Irsyaad W - Sabtu, 13 Januari 2024 | 16:20 WIB
Gerbang tol Pamulang
Jasa Marga
Gerbang tol Pamulang

Otomotifnet.com - Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 7,7 triliun ludes.

Itu semua demi tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor untuk bayar pembebasan lahan.

Keterangan ini disampaikan Dirut Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN), Basuki Purwadi saat peresmian Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), (8/1/24).

Untuk diketahui, rangkaian ruas tol sepanjang 14,8 kilometer tersebut dioperasikan oleh dua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere dan PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) yang mengoperasikan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

Secara rinci, sekitar Rp 3,7 triliun dikucurkan untuk pembebasan lahan Tol Cijago, dan sekitar Rp 4 triliun untuk pembebasan lahan Tol Serpong-Cinere.

"Pembebasan lahan dari LMAN anggarannya berjalan dengan baik dan sudah disalurkan sesuai kebutuhan, terbukti hari ini bisa diresmikan," tutur Basuki pada kesempatan tersebut.
Keberadaan tol ini akan memudahkan warga dari arah Depok atau Bogor yang akan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Diperkirakan waktu tempuh perjalanan dari Cimanggis ke Cengkareng hanya sekitar 30 menit.

Sebagai info, Tol Cijago terdiri dari Seksi 1 Jagorawi-Raya Bogor sepanjang 3,7 kilometer yang telah beroperasi pada Februari 2012, Seksi 2 Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,5 kilometer yang telah beroperasi pada Januari 2020.

Kemudian Seksi 3A Kukusan-Junction Krukut sepanjang 3,25 kilometer telah beroperasi pada Desember 2022, dan Seksi 3B Junction Krukut-Limo sepanjang 2,19 kilometer mulai dioperasikan secara fungsional sejak (22/12/23).

Sedangkan Tol Serpong-Cinere terdiri dari Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 kilometer yang telah beroperasi sejak April 2021 dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 10,14 kilometer yang juga mulai dioperasikan secara fungsional sejak (22/12/23).

Baca Juga: Diresmikan Jokowi, Segini Tarif Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor

Editor : Panji Nugraha
Sumber : kompas

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa