Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Harga BBM di Jakarta Bisa Saja Naik, Efek PBBKB Melambung 2 Kali Lipat

Ferdian - Rabu, 31 Januari 2024 | 18:00 WIB
ilustrasi SPBU Pertamina
Dok.GridOto
ilustrasi SPBU Pertamina

Otomotifnet.com - Pajak atas penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) di Pemprov DKI Jakarta naik jadi 10 persen.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah yang diteken oleh Pejabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada 5 Januari 2024.

Merujuk Pasal 24 Ayat (1) Perda Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2024 disebutkan bahwa wajib pajak bahan bakar 10 persen ini berlaku untuk kendaraan pribadi.

Sementara itu, khusus tarif PBBKB untuk bahan bakar kendaraan umum ditetapkan sebesar 50 persen dari tarif PBBKB untuk kendaraan pribadi.

"Tarif PBBKB ditetapkan sebesar 10 persen," tulis Pasal 24 Ayat (1).

Besaran tarif pajak bahan bakar kendaraan tersebut naik dua kali lipat dari yang hanya dikenakan sebesar 5 persen.

Apakah kenaikan pajak bahan bakar kendaraan tersebut akan berdampak pada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di DKI Jakarta?

Saat dikonfirmasi, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan bahwa PBBKB merupakan salah satu komponen penentu harga BBM.

Sehingga, kenaikan PBBKB juga dapat berdampak pada kenaikan harga BBM.

"Komponen penentuan harga BBM salah satunya adalah pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB), sehingga bila ada penyesuaian nilai pada PBBKB dari Pemerintah Daerah, maka tentu akan berimplikasi pada harga BBM," ujarnya dilansir dari Kompas.com (31/1/2024).

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa