Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jadi Paham, Ternyata Mudik Pakai Motor Masih Banyak Peminat Karena Hal Ini

Ferdian - Rabu, 27 Maret 2024 | 17:30 WIB
Mudik pakai motor akan dirazian dan diputar balik?
Dishub Aceh
Mudik pakai motor akan dirazian dan diputar balik?

Otomotifnet.com - Pemudik yang menggunakan motor saat momen Lebaran 2024 diprediksi akan naik.

Berdasar survei internal, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendapat data kalau sekitar 30 juta masyarakat berencana melakukan mudik dengan menggunakan motor.

"Ini memang tantangan bersama karena kondisi seperti Lebaran dan Natal-Tahun Baru motor tak disarankan untuk perjalanan jarak jauh," kata Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati dalam Forum Merdeka Barat 9 yang disiarkan virtual, dikutip dari Kompas.com (25/3/2024).

Adita mengatakan, sejatinya mudik memakai motor banyak keterbatasan dan risiko berbahaya tinggi dalam konteks melakukan perjalanan jauh, karena mesin yang kurang mumpuni dan tingkat kelelahan pengemudi.

Pada kesempatan terpisah, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengaku telah melakukan survei internal untuk menelisik alasan tingginya pemudik yang menggunakan motor.

Kabaminharwan Kamseltibcarlantas Ditlantas Polda Metro Jaya AKP Ukke Adhan Handriawan menjelaskan, sebagian besar masyarakat masih teperdaya hasutan nilai ekonomis dalam hal pemilihan kendaraan untuk mudik.

“Masih banyak masyarakat kita yang beranggapan kalau mudik menggunakan motor itu jauh lebih hemat biaya dibandingkan opsi lainnya. Ini tidak tepat dan memperdaya,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com (26/3/2024).

Ukke menambahkan, masyarakat cenderung hanya berpatok pada biaya pengeluaran selama perjalanan saja, seperti ongkos BBM, makan, dan sejenisnya.

Namun hitung-hitungan risiko dan potensi kendala lainnya tidak diutamakan.

“Persoalan biaya atau nilai ekonomis ini juga jadi topik yang kami (Polisi) sampaikan terus menerus. Berhitung sebelum mudik tentu baik, tapi coba dilakukan dengan logis,” ucapnya. 

Baca Juga: Motor Listrik Tak Boleh Naik Kereta Api, Bisakah Dikirim Pakai Bus Saat Mudik?

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa