Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlu Tahu, Dilarang Berhenti di Bahu Jalan Semisal Rest Area Penuh, Polisi Beri Saran Ini

Ferdian - Sabtu, 6 April 2024 | 17:24 WIB
Ilustrasi rest area
GridOto.com/Muhammad Ermiel Zulfikar
Ilustrasi rest area

Otomotifnet.com - Saak mudik Lebaran, rest area jadi tempat favorit para pemudik.

Tidak cuma tempat istirahat saja, fasilitas di rest area terbilang lengkap.

Sehingga, pemudik cukup parkir dalam satu tempat dan beberapa kegiatan bisa sekaligus dilakukan mulai makan, istirahat dan ke kamar kecil.

Bahkan, sejumlah rest area juga dilengkapi SPBU sehingga pemudik bisa sekaligus mengisi BBM di lokasi tersebut.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan dalam rangka mengantisipasi kemacetan lalu lintas di jalan tol, khususnya di sekitar rest area pihak kepolisian akan berlakukan buka tutup.

“Jika memang rest area sudah penuh, kami akan tutup rest area, lalu pemudik silakan mencari exit tol terdekat untuk istirahat di jalan alternatif dan sekitarnya, jangan menumpuk di bahu jalan karena itu berbahaya,” ucap Aan dikutip dari Kompas.com (5/4/2024).

Di sekitar jalan arteri sudah disiapkan rest area juga, Aan mengatakan ada banyak tempat makan dan kuliner sehingga bisa menjadi pilihan tempat istirahat paling tepat bagi pemudik.

“Setelah istirahat cukup, pemudik silakan masuk kembali ke tol dan tidak akan ada selisih harga, artinya sama saja mau keluar atau lanjut perjalanan tarifnya sama, bahkan nanti akan mendapatkan diskon pada saat kembali,” ucap Aan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan bahu jalan tol bukan tempat yang aman untuk istirahat.

“Bahu jalan itu tak boleh dipakai istirahat. Bahu jalan itu diperuntukkan untuk situasi darurat seperti mobil yang rusak, atau perlintasan buat ambulans, patroli, atau lainnya,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa