Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Klakson Tiba-tiba Mati Mendadak, Sumber Penyakit Bisa Jadi Dari Sini

Panji Nugraha - Rabu, 10 April 2024 | 13:30 WIB
Ilustrasi klakson
DAM
Ilustrasi klakson

Otomotifnet.com - Klakson wajib disematkan pada sepeda motor dan juga mobil.

Fungsi dari klakson adalah sebagai tanda atau isyarat yang diberikan kepada pengendara lain kalau ada sesuatu hal atau memberi tanda keberadaan posisi kita.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, “Penggunaan klakson harus selalu sesuai dengan peraturan, yaitu tidak boleh menyalakannya terlalu keras atau berlebihan. Juga, sebaiknya tidak menyalakannya tanpa alasan yang jelas karena bunyi klakson dapat mengganggu dan membahayakan pengendara lain.”

 “Karena pentingnya komponen ini, perawatan yang baik diperlukan agar klakson dapat berfungsi dengan maksimal. Terkadang, klakson mengalami masalah seperti tidak berbunyi saat tombolnya ditekan, atau bunyinya lemah dan tidak normal. Kendala seperti itu bisa diatasi dengan memahami penyebabnya,” ujar Ade.

Berikut beberapa penyebab klakson sepeda motor tidak menyala, diantaranya :

1. Baterai Lemah

Baterai atau aki adalah sumber energi untuk bisa membuat komponen kelistrikan berkerja dengan baik.

Maka jika baterai dalam kondisi lemah atau rusak maka akan menyebabkan beberapa komponen kelistrikan tidak berfungsi, termasuk salah satunya klakson.

Kendala ini biasa ditandai dengan suara klakson yang lemah dan kecil ketika menekan tombol klakson, bahkan jika baterainya dalam kondisi rusak, klakson sama sekali tidak berfungsi dengan baik.

Mengganti aki atau baterai yang baru adalah solusi yang tepat, agar semua komponen kelistrikan termasuk klakson bisa berfungsi kembali dengan baik.

2. Tombol saklar kotor

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa