Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlu Tahu, Ini SOP Baru Saat Masuk Jalur Contraflow Arus Balik

Ferdian - Minggu, 14 April 2024 | 15:10 WIB
Ilustrasi contraflow di ruas tol Tangerang-Merak
Dok. Jasa Marga
Ilustrasi contraflow di ruas tol Tangerang-Merak

Otomotifnet.com - Buntut kecelakaan lalu lintas yang terjadi di KM 58 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Polri siapkan aturan baru terkait rekayasa contraflow.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyebut nantinya akan ada mobil patroli yang akan mengawal setiap 30 menit sekali untuk menjaga kecepatan kendaraan.

"Jadi pemberlakuan contraflow pasca kejadian 58, kita sudah evaluasi. Sudah ada SOP baru. Pertama nanti ada safety car," kata Aan dikutip dari Tribunnews (13/4/2024).

"Artinya setiap 30 menit itu akan dikawal, akan didahului oleh kendaraan yang mempertahankan atau mengendalikan kecepatan. Jadi tak lebih dari 60 km/jam," sambungnya.

Selanjutnya, kata Aan, con atau barrier untuk pembatasan jalan saat penerapan contraflow akan dipasang lebih rapat ketimbang sebelumnya.

"Kemudian untuk con atau barier, itu yang kemarin 30 meter, sekarang dirapatkan menjadi 10 meter. Setiap 2,5 km itu akan dirapatkan, artinya ada yang dirapatkan," ucapnya.

Aan juga mengatakan ada kendaraan yang disiapkan untuk melakukan pertolongan supaya bisa melakukan tindakan cepat terhadap kendaraan yang bermasalah mulai dari mogok hingga kecelakaan.

"Kemudian, tiap dobrakan atau button, itu akan ditempatkan anggota yang memberikan isyarat untuk memperlambat kecepatan," jelasnya.

Dalam hal ini, Aan kembali mengimbau kepada siapapun untuk tetap menjaga kondisi fisik saat berkendara.

"Kemudian saat konsentrasi sudah berkurang, silakan istirahat, jangan masuk ke contraflow," tuturnya.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Cara Aman Melintas Jalur Contraflow Saat Arus Balik

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa