Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sedikit yang Tahu, Ini Fungsi Lubang Hidung di Kap Mesin Fortuner VNT

Ferdian - Jumat, 26 April 2024 | 18:00 WIB
Toyota Fortuner VNT
GridOto
Toyota Fortuner VNT

Otomotifnet.com - Belum banyak yang mengetahui, Toyota Fortuner VNT turbocharger common rail lansiran 2012-2016 punya hidung alias lubang udara di kap mesin.

Keberadaan lubang udara tersebut ikut mendongkrak tampilan mobil, terutama pada sektor depan.

Selain itu, keberadaan lubang udara menjadi ciri khas Fortuner VNT generasi pertama, meski tidak berhubungan langsung dengan komponen VNT.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo mengatakan, lubang udara tersebut berhubungan dengan intercooler.

“Intercooler biasa terpasang pada mobil dengan fitur turbocharger, hanya saja tidak semua ditampilkan, terkadang malah letaknya sejajar dengan radiator di balik bumper depan,” ucap Muchlis dikutip dari Kompas.com (26/4/2024).

Menurutnya, pada Fortuner facelift dengan fitur VNT memang letak intercooler dibuat di atas sehingga terdapat lubang udara di kap mesinnya.

“Lubang udara pada kap mesin tersebut terhubung dengan kisi-kisi pendingin udara menuju intake manifold, sehingga udara yang masuk ke ruang bakar dalam kondisi tidak terlalu panas, atau cenderung lebih dingin,” ucap Muchlis.

Muchlis mengatakan, intercooler bekerja hampir mirip dengan radiator, hanya saja yang didinginkan bukan lagi air melainkan udara.

“Turbin turbocharger berputar memanfaatkan gas buang, sehingga komponen ini selalu dalam kondisi panas dan dapat menginduksi udara yang melaluinya, makanya dibikin pendingin sebelum udara masuk ke ruang bakar,” ucap Muchlis.

Muchlis menjelaskan, mesin diesel membutuhkan udara yang padat, sehingga sebisa mungkin suhu udara dijaga agar molekul udara tidak memuai.

“Udara panas cenderung memuai, sehingga dengan volume sama tapi molekul oksigen di dalamnya bisa berkurang sehingga dapat berpengaruh pada proses pembakaran,” ucap Muchlis.

Jadi, selain dapat menaikkan tampilan lubang udara di kap mesin Fortuner lawas tersebut memiliki peran penting dalam menjaga performa mesin.

Baca Juga: Inilah Penyebab Mesin Mobil Toyota Fortuner 2KD Bunyi Berisik

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa