Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Benarkah Sering Pindah Tuas Transmisi Mobil Matik Bikin Rusak?

Ferdian - Sabtu, 4 Mei 2024 | 11:00 WIB
Ilustrasi tuas mobil matik
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Ilustrasi tuas mobil matik

Otomotifnet.com - Tuas transmisi mobil matik memang bisa dipindah-pindah sesuai kebutuhan si pengemudi.

Namun, beredar info kalau keseringan pindah-pindah tuasnya malah bisa bikin rusak.

Hal ini bisa diartikan pengguna mobil sisarankan untuk mengurangi perpindahan tuas terlalu sering supaya tuas bisa lebih awet.

Padahal, pada kondisi tertentu perpindahan tuas matik memang diperlukan seperti saat berhenti, mau menanjak curam, mundur atau parkir.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan tuas matik memang fungsinya sebagai selektor dan cara kerjanya adalah dengan menggeser atau memindahkan sehingga bila tidak ada kerusakan atau kesalahan lain maka tidak akan menyebabkan masalah.

“Ketika tuas matik digeser sebenarnya yang terjadi adalah pergeseran piston di dalam body valve, sehingga aliran oli transmisi akan berubah, selain itu ECU juga akan membaca perpindahan tersebut,” ucap Hardi dikutip dari Kompas.com.

Hardi mengatakan perpindahan tuas matik tidak langsung memindahkan pertautan gigi percepatan pada transmisi seperti pada tipe manual tapi melalui aliran oli.

Oli tersebut yang akan mendorong piston dan menyambungkan kelompok kopling sehingga dihasilkan rasio percepatan yang diinginkan pengemudi menurut Hardi.

“Selama tidak ada masalah pada aliran dan kualitas oli, tekanannya sesuai, serta tidak terjadi kesalah pengoperasian maka memindahkan tuas matik berkali-kali tidak akan merusak karena prinsip kerjanya memang demikian,” ucap Hardi.

Perpindahan tuas matik memang akan membuat kampas-kampas kopling di dalam transmisi matik saling bertautan atau terpisah.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa