Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Keren! Planet Ban Olah Ban Bekas Konsumen Jadi Alat Pemecah Ombak

Raspati Dana - Minggu, 5 Mei 2024 | 17:30 WIB
Pilihan ban di Planet Ban
Naufal Shafly/GridOto.com
Pilihan ban di Planet Ban

Otomotifnet.com - Planet Ban mendorong pelanggan untuk meninggalkan ban bekas saat membeli ban baru di seluruh outlet-nya.

Bekerjasama dengan CarbonEthics, organisasi dengan fokus pada keseimbangan iklim, limbah ban bekas tersebut kemudian diolah menjadi Alat Pemecah Ombak (APO).

APO tersebut kemudian dipasang sepanjang 150 meter di garis pantai Dusun Bungin, Tanjung Pakis, Kabupaten Karawang, Jabar.

Kolaborasi ini menjadi contoh nyata bagaimana inovasi dalam pengelolaan limbah dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Aksi tersebut merupakan salah satu bentuk kampanye #UntukPlanetKita sebagai kontribusi aktif industri dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Kampanye #UntukPlanetKita merupakan program keberlanjutan Planet Ban yang direpresentasikan dalam bentuk prinsip 5i (Reduksi Emisi, Konversi, Konservasi, Proteksi dan Mediasi)," kata Deden Hendra Shakti, Chief Operating Officer Planet Ban saat menggelar konferensi pers di Jakarta Selatan, Kamis (2/5/2024).

Deden Hendra Shakti, Chief Operating Officer Planet Ban dalam konferensi pers peluncuran kampanye #UntukPlanetKita, Kamis (2/5/2024)
Planet Ban
Deden Hendra Shakti, Chief Operating Officer Planet Ban dalam konferensi pers peluncuran kampanye #UntukPlanetKita, Kamis (2/5/2024)

Tak hanya itu, inisiatif keberlanjutan Planet Ban juga digerakan lewat program servis Rasa Mesin Baru.

Dari hasil penelitian tim internal Planet Ban, servis Rasa Mesin Baru terbukti mampu menurunkan rata-rata kadar emisi hidrokarbon (HC) sepeda motor sebesar 67%, dan kadar emisi CO turut berkurang sebesar 73%.

Selain itu, Planet Ban bekerja sama dengan produsen ban resmi untuk menerapkan kebijakan tanpa plastik dalam penjualan ban.

Lebih lanjut, Planet Ban telah mendukung komitmen zero emission dan zero waste, termasuk layanan uji emisi dan servis berkala, pengelolaan limbah oli.

Dalam mendukung ekosistem motor listrik, Planet Ban juga menyediakan layanan servis dan Battery Swap Station bagi pengguna motor listrik di sejumlah outlet.

Tidak berhenti di situ, saat ini pihaknya juga tengah mengadakan riset terkait konversi motor listrik.

"Seiring dengan pertumbuhan perusahaan, Planet Ban terus berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik dan mengurangi dampak negatif terhadap planet kita lewat berbagai program yang kami galang untuk menggerakkan industri otomotif menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan.” tutup Deden.

Baca Juga: Mau Uji Emisi Motor Gratis? Datang Ke Empat Cabang Planet Ban Berikut

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa