Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Banyak Kecelakaan Ternyata Disebabkan Salah Desain Jalan, Pengamat Desak Lakukan Investigasi

Harryt MR - Minggu, 16 Juni 2024 | 14:30 WIB
(ilustrasi) Olah TKP kecelakaan Isuzu Traga dan Toyota Hilux di ruas jalan Ngadirojo-Nguntoronadi, desa Gedong, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah
Dok. Polres Wonogiri
(ilustrasi) Olah TKP kecelakaan Isuzu Traga dan Toyota Hilux di ruas jalan Ngadirojo-Nguntoronadi, desa Gedong, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah

Otomotifnet.com - Kecelakaan lalu lintas tidak bisa disamakan dengan masalah keributan, kebersihan, persampahan dan sebagainya, yang bisa diselesaikan dengan gotong royong, rembugan, atau musyawarah.

Hal ini diungkap oleh Wakil Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, Djoko Setijowarno.

“Banyak kecelakaan di jalan yang diinvestigasi KNKT yang error by design, namun tidak diramaikan media. Artinya siapapun bisa celaka, karena kecelakaan itu dipicu oleh penyebab kesalahan desain,”

“Maka dari itu perlu adanya pembuktian, dan itulah pentingnya investigasi,” tegas pria yang juga dikenal sebagai Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata, Semarang, Jateng.

Ia melanjutkan, yang dimaksud error pada suatu kecelakaan spektrumnya ada 3. Yaitu error by operation, berarti ranahnya pengemudi.

“Lalu error by maintenance, ini ranahnya manajemen, dan error by design, ini ranahnya Pemerintah,” beber Djoko.

Dirinya mendesak perlu adanya investigasi agar penyebab kecelakaan bisa dijelaskan secara keilmuan. 

“Dari situ kita bisa membuat suatu program agar hal yang sama tidak akan terulang kembali,” kata Djoko.

Baca Juga: Pantas Banyak Kecelakaan Bus, MTI Bongkar Banyak Bus Lakukan Ini

Di semua negara sudah lazim kalau terjadi kecelakaan dilanjutkan dengan investigasi untuk dicari penyebabnya. “Mungkin hanya di Indonesia yang hal itu dilarang,” bilangnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa