Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bareskrim Polri Ungkap Penggelapan 20 Ribu Motor ke Luar Negeri, Ini Peran 7 Tersangkanya

Panji Maulana - Jumat, 19 Juli 2024 | 11:00 WIB
Bareskrim Polri ungkap penggelapan 20 ribu motor di Jakarta -18 Juli 2024
Istimewa
Bareskrim Polri ungkap penggelapan 20 ribu motor di Jakarta -18 Juli 2024

Otomotifnet.com – Direktorat Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri berhasil mengungkap kasus penggelapan 20 ribu unit motor ke luar negeri.

Bareskrim Polri akhirnya membekuk 7 tersangka kasus penggelapan kendaraan jaringan internasional itu. Dimana masing-masing tersangka memiliki peran berbeda-beda.

“Penadah melakukan pemesanan kendaraan bermotor kepada perantara,” jelas Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Djuhandhani Raharjo Puro dalam konferensi pers, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (18/7/2024).

Djuhandhani mengatakan peran ketujuh tersangka terdiri dari debitur, perantara, penadah, hingga eksportir. Dia mengatakan ribuan motor ini dikelola oleh dua penadah tersangka WRJ dan HS.

Kemudian, ada FI dan HM yang berperan sebagai perantara yang menghubungi tersangka lainnya, yaitu NT dan ATH, untuk mencari KTP yang bisa digunakan dalam proses kredit motor ke pihak leasing.

“Selanjutnya perantara mencari debitur untuk melakukan kredit motor di dealer-dealer di seluruh Pulau Jawa,” ungkap Djuhandhani.

Tersangka NT dan ATH lalu diberikan imbalan Rp 2 juta. Selanjutnya, kata dia, motor yang bisa didapat diserahkan kembali kepada FI dan HM.

Setelah itu, tersangka FI dan HM pun segera mengirimkan motor hasil pembelian kepada WRJ dan HS selaku penadah. Kemudian WRJ dan HS menyerahkan motor ke tersangka WR sebagai pihak eksportir.

Baca Juga: Mengejutkan, Orang Leasing Main di Kasus Penggelapan Motor dan Mobil di Markas TNI

“Setelah kendaraan berjumlah sekitar 100 unit, selanjutnya penadah berkoordinasi dengan eksportir untuk stuffing (proses memuat barang ke dalam kontainer) kemudian dilakukan ekspor ke luar negeri Vietnam, Rusia, Hong Kong, Taiwan, dan Nigeria,” jelasnya.

Editor : Panji Maulana

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa