Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Minat Mobil Bekas Meningkat Oleh Kaum Milenial Tahun Ini, Ini Pilihan Mobilnya

Panji Maulana - Sabtu, 10 Agustus 2024 | 09:10 WIB
Ilustrasi. Showroom mobil bekas Tangerang
Iday/Otomotifnet
Ilustrasi. Showroom mobil bekas Tangerang
 
Otomotifnet.com - Minat terhadap mobil bekas meningkat di paruh pertama tahun 2024 ini. 
 
Di garda terdepan perubahan ini adalah generasi milenial atau biasa disebut gen Z, yang kini semakin giat mencari kendaraan yang worth the money.

Berdasarkan data yang dihimpun Carro, platform jual beli mobil bekas online di Indonesia, sebesar 64% dari semua penjualan mobil bekas di Carro di paruh pertama 2024 melibatkan pelanggan milenial, dan diperkirakan persentasenya akan terus berkembang seiring waktu.

Menurut Carro, pasar mobil bekas Indonesia mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir, didorong oleh pertumbuhan ekonomi dan kemudahan skema finansial yang banyak ditawarkan oleh perusahaan di bidang keuangan.
 
Pada tahun 2024, pasar mobil bekas di Indonesia diperkirakan mencapai USD 56,34 miliar, dan akan terus meningkat hingga mencapai USD 74,48 miliar di tahun 2028. 

 

“Dari data penjualan Carro, kami melihat banyak faktor positif yang terus mendorong pasar mobil bekas, seperti peningkatan pendapatan, jumlah keluarga yang semakin banyak dan juga credit score yang semakin baik,” ujar Bryan Tan, Country Head Carro Indonesia.

“Banyak masyarakat Indonesia yang mencari kendaraan berkualitas dengan harga yang lebih affordable,” imbuh Bryan Tan melalui keterangan tertulisnya.

Meningkatnya minat akan kendaraan yang lebih besar, seperti MPV dan SUV juga menjadi salah satu pendorong pasar mobil resale, karena banyak millenial yang mencari kendaraan bermuatan banyak dengan budget yang terbatas.

Berdasarkan data Carro, beberapa pilihan mobil yang paling populer bagi kalangan milenial pada paruh pertama tahun 2024 adalah MPV.

Dengan persentase penjualan terbesar 41% generasi milenial mengincar MPV sebagai mobil bekasnya.

Dilengkapi ruang yang lebih luas dan kegunaan yang fleksibel, MPV sangat cocok digunakan untuk menempuh jarak yang jauh dengan keluarga.

Kedua city car, kategori mobil ini juga didominasi oleh kaum Milenial dengan penjualan mencapai 35%.

Mobil ini cocok untuk pekerja di perkotaan yang padat dan sering mengalami macet. 

Lalu Sport Utility Vehicle (SUV). Sebanyak 1 dari 4 orang yang membeli mobil SUV adalah Milenial, atau sekitar 22%.

Mobil ini mudah beradaptasi dalam berbagai kondisi, cocok untuk dipakai berkendara di jalan perkotaan maupun pada medan berat seperti jalanan berbatu.

Popularitas dari tipe-tipe mobil ini mencerminkan preferensi milenial akan kepraktisan, gaya, dan fungsionalitas.

"Asalkan mobil yang dibeli bebas dari bekas banjir dan kecelakaan, dan dalam kualitas yang baik, mobil bekas bisa memberikan kenyamanan seperti layaknya mobil baru,” Tan menjelaskan.

Untuk membantu para milenial serta masyarakat luas Indonesia memiliki mobil bekas incarannya, Carro memperkenalkan ‘Carro Certified’, sertifikasi jaminan kualitas mobil yang tidak dapat ditemukan pada dealer lain.

Sertifikasi ini meliputi: 160 Titik Inspeksi, Garansi Uang Kembali 5 Hari, Garansi 12 Bulan Mesin dan Transmisi, Bebas Manipulasi Jarak Tempuh dan Bebas Banjir, Kecelakaan & Kebakaran.

“Yang diinginkan pembeli adalah mobil berkualitas yang sesuai dengan keinginan dan budget. Mereka mencari dealer terpercaya yang terus menemani mereka selama kepemilikan mereka. Di Carro, kita tidak hanya menawarkan mobil yang berkualitas, kita juga menawarkan teknologi, riset, dan kemahiran yang digunakan untuk memastikan setiap pembeli dapat pulang dengan hati yang tenang,” simpul Tan.

Sebagai informasi, Carro memiliki 9 cabang, yakni di Jakarta, BSD, Bogor, Bekasi, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Palembang. 

Editor : Panji Maulana

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa