Upgrade Suzuki Satria FU150 Untuk Harian dan Balap, Ini Partnya!

Otomotifnet - Senin, 23 Maret 2015 | 09:21 WIB

(Otomotifnet - )



Sistem pengapian, bisa apliaksikan CDI racing. Salah satunya merek BRT

Jakarta - Mau ikut balap One Make Race (OMR) Suzuki? Tenang, bro Buat pengguna Suzuki Satria FU150 yang pengin terjun balap resmi bisa simak ulasan berikut. “Kelas pemula ubahannya gak terlalu banyak, hanya beberapa komponen yang diganti. Kecuali untuk kelas Indoprix (IP) hampir semua peranti pendukung diganti part racing,” papar Yudi Febrianto, Racing Section Head 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Selain bisa turun road race, rombakan besutan tersebut juga masih bisa dipakai harian, lho! Jadi, tidak perlu biaya banyak buat turun di ajang balap OMR Suzuki.

Tentunya agar manuver makin rebah harus ganti ban khusus balap. Di antaranya Battlax, IRC atau FDR. Dilanjutkan sistem peredam kejut alias sokbreker. Sok depan bisa dengan meng-custom suling sok agar rebound lebih soft.

Sedangkan sok belakang atau monosok, bisa digantikan dengan produk aftermarket yang sudah cukup mumpuni. Misal YSS, Ohlins, KTC atau brand lainnya. Pada pelek, bisa model jari-jari atau palang.

Kapasitas mesin enggak boleh diperbesar alias standar. Tapi, buat menambah kompresi semakin padat, bisa dilakukan dengan mengganti seher copotan motor lain sesuai ukuran aslinya atau aplikasi piston tipe high dome. “Biar makin padat, kepala silinder bisa dipapas 1 mm.

Biar asupan bahan bakar optimal, karburator ganti model skep,” papar Rulianto, mekanik Rully Motor Sport (RMS) yang kerap ikutan balap dan sudah mempersiapkan Satria FU150 buat balap. Soal karburator, banyak yang pakai copotan Honda NSR SP PE28.

Nah, settingan spuyer tinggal sesuaikan kondisi motor dan cuaca di trek. Begitu juga saluran gas buang, pakai knalpot freeflow biar gas buang lebih plong. “Kalau biaya rombak kisaran Rp 5 jutaan,” tutup Rully, sapaan akrabnya, yang buka bengkel di daerah Cipinang Muara, Jaktim. Komponen lainnya bisa lihat foto, bro! • (otomotifnet.com)


Menikung enggak mentok dengan menggantikan footstep underbone

Settingan gir depan belakang sesuaikan trek


Slang rem menggunakan produk aftermarket atau racing