Jajal Rem Pintar Otomatis Mazda

Selasa, 9 Juni 2015 | 14:08 WIB


Nusa Dua - Teknologi i-ACTIVSENSE Mazda sekarang sudah disempurnakan dengan menambah fitur Smart City Brake Support (SCBS). Fitur ini kini terdapat pada Mazda2, Mazda CX-5 dan Mazda6.

Saat sesi test drive yang digelar PT Mazda Motor Indonesia beberapa waktu lalu, tim OTOMOTIFNET mendapatkan kesempatan untuk mencoba fitur SCBS. Tentu saja rasa penasaran muncul, bisakah fitur ini bekerja dengan efektif dan benar-benar bisa mencegah pengemudi menyundul mobil di depan.

SCBC mengandalkan pancaran Near-infrared (NIR) untuk mengukur jarak dengan kendaraan di depan saat lalu lintas padat merayap. Rem akan bekerja secara otomatis untuk menghindari benturan dengan mobil yang berada di depan dengan kecepatan rendah.

Tim  OTOMOTIFNET menjajal fitur tersebut di sekitaran area hotel Westin, Nusa Dua. Dilapangan parkir sudah disediakan 1 unit Mazda6 dan 2 tembok bikinan yang akan menjadi titik pengereman dengan sistem SCBS saat maju maupun mundur. 

Sistem ini akan berfungsi secara otomatis pada kecepatan antara 4-30 kpj. Setelah kami coba, ternyata memang benar fitur tersebut bekerja dengan maksimal dan tepat. Rem bekerja dengan sempurna begitu mendekati objek yang dianggap bisa berpotensi membahayakan. 

Namun, kalau belum terbiasa jangan kaget ya. Karena begitu ada objek di depan, SCBS ini benar-benar melakukan hard brake. (mobil.otomotifnet.com)