Mobil Besar dan Tinggi Oleng Saat Kencang? Ini Cara Mencegahnya!

Rabu, 25 Juni 2014 | 14:04 WIB


Munich - Pernah nyetir mobil berjenis wagon, van, bahkan SUV yang besar dan tinggi? Asik memang saat pelan. Tapi kalau kencang, dijalan tol misalnya, selalu ada gejala oleng, biasanya karena hembusan angin dari samping.

Bahkan, di tol Cipularang saja sudah ada rambu peringatan ancaman angin dari samping. Ini tentu saja ancaman serius yang membahayakan, karena bisa berakibat kecelakaan fatal.

Tapi tenang, sudah ada kok cara menangkalnya. Seperti dilansir Autoevolution, hari ini (25/6) pabrikan Mercedes-Benz sudah punya teknologi yang sanggup menangkal serangan angin dari samping, namanya Crosswind Assist.

Seperti namanya, Crosswind Assist membantu mencegah semua hal-hal buruk yang datang akibat angin dari samping saat mengemudi di jalan raya, dan nggak hanya dengan bantuan sensor, teknologi ini juga bersinergi dengan Electronic Stability Program.

Singkatnya, Crosswind Assist dapat meminimalkan perpindahan jalur kendaraan selama kondisi angin dari samping menyerang. Jika sensor mendeteksi hembusan angin kuat pada sisi mobil, sensor akan memerintahkan salah satu rem pada roda untuk bertindak meminimalisir perpindahan jalur mobil. (mobil.otomotifnet.com)