Ini Penyebab Marquez Jatuh di Sesi Kualifikasi MotoGP Catalunya, Spanyol

billy - Sabtu, 14 Juni 2014 | 22:36 WIB

(billy - )


Sejak awal musim selalu pole position dan belum pernah kalah menjadi prestasi membanggakan bagi Marc Marquez. Sayangnya, performa apik Marquez sepanjang musim 2014 harus sedikit tercoreng di sesi kualifikasi MotoGP seri Catalunya. Pembalap asal Spanyol terjatuh dan gagal start dari posisi paling depan.

"Hari ini saya membuat kesalahan pertama musim ini, jadi saya harus meminta maaf kepada tim karena itu salahku," sesal Marquez usai sesi kualifikasi sembari mengakui kesalahannya. 

"Strategi telah kami tetapkan bersama dengan sempurna, tetapi ketika masuk ke lintasan dengan ban terakhir, saya mengerem terlalu telat," aku Marquez. Besar kemungkinan, pengereman terlalu keras ini membuat traksi roda Honda RC213V hilang dan kemudian tergelincir.

"Saya tahu itu adalah lap terakhir, jadi saya mencoba untuk memberikan lebih. Itu bukan pilihan terbaik, tapi hal-hal ini terjadi ketika Anda balap di 'rumah' (Catalunya, sirkuit di negara kelahiran Marquez, Spanyol), Anda akan selalu mencoba untuk memberikan sedikit tambahan usaha," ungkapnya.

Meski terjatuh, Marquez masih bisa start dari baris terdepan. Posisi akhirnya ada di posisi ketiga di belakang Pedrosa dan Lorenzo. Sepertinya, seri Catalunya ini akan jadi seri yang berat bagi pembalap kelahiran 17 Februari 1993 ini.

Selain dua pesaingnya, Pedrosa dan Lorenzo tampil baik, Marquez juga tercatat belum pernah menang di sirkuit ini. Desain sirkuit yang memiliki kerbs cukup tinggi tak cocok dengan riding style Marquez yang kerap melakukan elbow down, Ia harus sedikit merubah gaya balapnya agar sikunya tak nyangkut di kerbs.

Kita lihat besok! (otosport.co.id)