RELI DAKAR : Marc Coma Raja Reli Dakar Roda Dua

Dimas Pradopo - Senin, 19 Januari 2015 | 17:17 WIB

(Dimas Pradopo - )


Argentina – Marc Coma layak menyandang gelar Raja Reli Dakar, usai menjuarai reli ini yang kelima kalinya di kategori sepeda motor. Rider tim pabrikan Red Bull KTM itu mengunci gelar juara Reli Dakar 2015, usai menuntaskan tahapan terakhir, Sabtu (17/1) dari Rosario menuju Buenos Aires, Argentina.

Unggul 17 menit dari pesaing dekatnya, Paulo Goncalves yang mengendarai Honda CRF450 Rally, Coma menjalani stage 13 ini dalam kondisi trek licin dan sangat berbahaya. Akibat hujan deras, lomba dihentikan di pos pemeriksaan kedua. Coma yang mengendarai KTM 450 Rally masuk finish di urutan lima dan dinyatakan sebagai pemenang. 

Padahal di awal-awal stage Reli Dakar 2015 ini ia mendapat perlawanan sengit dari duet Honda, Goncalves dan Joan Barreda. Barreda sempat memimpin klasemen hingga hari ketujuh. Barreda satu-satunya yang mengancam pembalap KTM. Dalam menempuh rute di Argentna, Cile dan Bolivia, keduanya saling berpacu jadi yang tercepat.

Sayang di tahapan 8 motor Barreda mengalami masalah. Sejak itulah Coma mengambil alih pimpinan. Gantian Goncalves yang menempel ketat. Sayang, di tahapan 11 Goncalves kena penalti karena meminjam mesin motor rekan setimnya.

Coma pun dapat menjaga posisi teratasnya hingga finish. Makanya ia tidak terlalu ngotot di stage 12 ketika lomba itu dimenangkan rider KTM lainnya, Toby Price diikuti Barreda dan Goncalves. Coma sendiri finish keenam.


“Saya senang dan bangga. Seperti biasa, ini reli yang melelahkan. Kami harus mengatasi masalah pada hari kedua yang sedikit memperlambat kami di peringkat klasemen. Sejak itu kami harus sedikit mengubah strategi untuk mempebaiki catatan waktu itu,” jelas Coma.

Ia juga mengucapkan selamat kepada dua kompetitornya, Barreda dan Goncalves yang menurutnya adalah lawan yang tangguh.

Lima kali menang Reli Dakar, Coma menyamai prestasi mantan rekan setimnya yang juga penunggang KTM, Cyril Despres. Keduanya mendominasi Reli Dakar selama satu dekade. Jadi ini untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, Coma tidak berduel dengan Despres yang di tahun ini beralih ke kategori mobil.

Sukses Coma sekaligus memberi gelar juara 14 kali berturut-turut kepada KTM. Rekor juara pembalap kategori motor masih dipegang Stephane Peterhansel, 6 kali juara. (otosport.otomotifnet.com)

Hasil Stage 13:
1. Ivan Jakes (KTM), 52m 6s
2. Stefan Svitko (KTM), +45s
3. Toby Price (KTM), +1m 7s
4. Paulo Gonçalves (Honda), +1m 15s
5. Marc Coma (KTM), +3m 11s

Posisi Klasemen Akhir:
1. Marc Coma (KTM), 46h 3m 49s
2. Paulo Gonçalves (Honda), +16m 53s
3. Toby Price (KTM), +23m 14s
4. Pablo Quintanilla (KTM), +38m 38s
5. Stefan Svitko (KTM), +44m 17s