Pilihan Pelek Nissan March Roda Besar, Siapa Takut?

billy - Senin, 4 April 2011 | 08:07 WIB

(billy - )


JAKARTA - Slogan ‘Makes City Life Easier' layak disandang March. Keunggulan desain, fleksibilitas dan utilitasnya menarik untuk ditingkatkan lagi. Walau belum banyak aksesori khusus yang beredar di pasaran, tampilannya cukup mudah ditingkatkan. Salah satunya dengan mendongkrak tampilan roda.

Sebagai city hatchback dengan kontur bodi membulat, March cocok dipasangkan dengan berbagai model pelek dan ban. Untuk tampilan elegan, model pelek menutup bisa diaplikasi. "Paling pas model jari-jari, bisa masuk di semua warna dan gaya," saran Amin Sutiono, bos toko pelek Auto Style.

Lebih lanjut pria yang buka gerai di kawasan Sunter, Jakut ini juga memberikan pilihan model pelek ala BBS LM atau BBS Super RS. Modelnya mesh alias seperti akar yang cocok diterapkan dengan gaya racing. Apalagi PT. Nissan Motor Indonesia (NMI), selaku ATPM mobil Nissan punya varian Nissan March Nismo yang kental aura kompetisi.

 Diamater pelek 17 inci punya outfit yang pas di ruang fender(kiri). Spesifikasi pelek yang sesuai dengan teromol roda meminimalkan ubahan(kanan)
Spek teromol roda March punya ukuran yang familiar, 4 lubang dengan PCD 100 dan patokan offset +45. Dimensi roda maksimal jika ingin tetap nyaman dan aman adalah 17 inci. Paduan bannya menggamit ukuran 205/40/R17. Amin menawarkan paket pelek replika termasuk ban merek Hankook seharga Rp 6,8 juta.


 Spesifikasi pelek yang sesuai dengan teromol roda meminimalkan ubahan
"Langsung muat, enggak perlu lipat fender, masih enak bantingannya," girang Kevin Lee Marvin, pemilik Nissan March XS A/T lansiran 2011 yang sudah menggarap sektor bodi setelah area roda.

Pilihan ukuran bannya 205/45/R17. Tanpa penggantian perangkat suspensi alias masih standar, gerak roda diakuinya masih leluasa.

Sementara pemilik Nissan March lain yang tergabung dalam komunitas Nissan March Indonesia (March-i) punya pilihan yang beragam.

"Paling banyak pakai 17 (inci), bannya 205/45/R17," ujar Mamang, humas March-i.

Selain dimensi yang terbilang umum ini, diameter pelek 16 inci dengan ukuran ban 195/55/R16 juga layak diandalkan bagi yang tidak ingin terlalu gambot.

"Ada juga anggota kita yang pakai pakai pelek diatas 17 (inci)," ujar pria berkacamata ini sembari menyebut lingkar pelek 18 inci dengan lebar 8 inci.

Offset-nya sendiri dipatok di +42 agar tidak 'nongol' keluar batas fender. Mengenai ukuran bannya, pemukim Cibubur, Jaktim ini menunjuk ukuran 225/40/R18. "Kalo yang pas banget bisa pakai ukuran ban 215/35/R18," saran Mamang.

Berani mencoba?  (mobil.otomotifnet.com)