Isu Kecurangan SPBU (Bag.3) Minta Isi Nominal atau Volume?

billy - Kamis, 24 November 2011 | 17:02 WIB

Isu Kecurangan SPBU (Bag.3) Minta Isi Nominal atau Volume? (billy - )

Isu Kecurangan SPBU (Bag.3) Minta Isi Nominal atau Volume?
Jakarta - Barangkali Anda termasuk yang  penasaran dengan pelayanan petugas SPBU saat mengisi bensin. Ada yang melepaskan handle dispenser begitu sudah masuk mulut tangki mobil Anda.

Namun ada juga tetap sibuk memegang dan memainkan handle. Apa bedanya ya? Tenang Anda enggak sendiri. Apalagi belakangan beredar pesan singkat BBM (Blackberry Messenger) yang lumayan meresahkan.

Isi pesan itu soal adanya praktek kecurangan oleh oknum operator SPBU yang memainkan tuas atau handle dispenser maupun nosel. Yang ditengarai adalah berkurangnya volume BBM yang masuk ke tangki. Lalu bagaimana agar ketika mengisi BBM sesuai takaran?

Sebetulnya lebih meyakinkan mengisi BBM dengan mengatakan jumlah nominal atau dalam jumlah volume (liter)? "Secara akurasi keduanya sama saja, baik nilai liter maupun uang. Tinggal konsumen lebih suka yang mana. Semua pilihan tersebut optional dan tersedia di pad dispenser," ungkap Rachmat.

Ya sebetulnya keduanya sama, hanya saja lebih memudahkan mengisi BBM dalam jumlah nominal. "Sebab kalau dalam volume kurang praktis, jika ada pengembalian uang dalam pecahan kecil. Misalnya kembalian Rp 75. Sehingga mengisi BBM dalam jumlah nominal lebih memudahkan transaksi," bilang Mochamad Harun.

Jadi cuma hoax? (mobil.otomotifnet.com)