Pemilik Mazda Versi Lama Perlu Waspada

billy - Kamis, 25 Agustus 2011 | 08:03 WIB

(billy - )

 
JAKARTA - Peribahasa sedia payung sebelum hujan, sejatinya bisa berlaku untuk semua mobil yang dipakai buat mudik lebaran ke kampung halaman. Bisa itu mobil baru atau seken. Tidak terkecuali Mazda Vantrend (VT) yang belum menerapkan teknologi hidraulik untuk perangkat koplingnya. Peranti kopling yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda ini sangat vital kerjanya saat kendaraan melaju di jalan.

Bagi pengguna Mazda Vantrend yang akan diajak mudik, tak ada salahnya mencermati dengan baik kondisi bagian ini. Seiring pemakaian kopling yang diinjak terus menerus, bisa menyebabkan kabel kopling rawan putus saat kondisi jalan macet. Bagi David Candra, pedege spare part spesialis Mazda dan Timor mangkal di Atrium Senen Lt. 5 blok C No. 61, memberikan panduan ringan.

“Sebelum berangkat mudik, tak ada salahnya menyiapkan kabel kopling baru untuk cadangan. Ada part kabel kopling buat Vantrend buatan Jepang. Bagian dalamnya menggunakan kawat baja yang halus. Gerak tarik ulurnya lebih ringan. Harganya hanya Rp 100 ribu. Kalau yang buatan lokal juga ada, seharga Rp 80 ribu. Tapi, saat sudah terpasang nanti lebih berisik lantaran material yang dipakai beda dengan buatan Jepang”, jelas pria berkacamata ini.

Nah, untuk mendapatkannya, gerai yang bisa dihubungi adalah 021-3847080.   (mobil.otomotifnet.com)