Regulasi F1 2012 Berubah!

billy - Sabtu, 10 Desember 2011 | 20:41 WIB

(billy - )


Regulasi ajang Formula 1 tahun 2012 mengalami banyak perubahan, khususnya yang berkaitan dengan teknis mobil dan aturan balap. Diantaranya sperti mobil harus lulus uji tabrakan, mobil yang di-overlapping, penggunaan ban dan lain sebagainya. Perubahan yang disusul oleh FIA (Fédération Internationale de l'Automobile), tersebut untuk memberikan kompetisi yang lebih baik tahun 2012.

Berikut detail regulasi yang mengalami perubahan :
-    Mobil harus lulus uji tabrakan. Tujuannya untuk memberikan perlindungan lebih baik pada pembalap saat mengalami insiden yang tidak terduga saat balapan berlangsung.
-    Semua pembalap yang di-overlapping, berhak melakukan unlapping (menyusul kembali pembalap yang meng-overlap-nya saat safety car berlangsung. Tujuannya agar tidak ada pembalap yang lebih lambat di depan pembalap yang lebih cepat, saat balapan dimulai kembali.
-    Panjangnya balapan ditambah jadi 4 jam. Jadi jika terjadi beberapa insiden dan mengharuskan balapan ditunda, maksimal bisa dilakukan hingga mencapai waktu 4 jam.
-    Pembalap yang melakukan manuver melindungi posisinya dengan keluar dari jalur balap, tidak diperbolehkan kembali lagi ke jalur balap seblum melalui tikungan.
-    Mobil yang berada di jalur pit ketika balapan ditunda, berhak kembali ke lintasan ketika balapan dilanjutkan.
-    Semua jenis kompon ban bisa digunakan pada sesi latihan bebas, namun hanya diperbolehkan total 3 set selama latihan berlangsung.
-    Memotong jalur saat balapan berlangsung ataupun pada saat safety car masuk, tidak diperbolehkan tanpa alasan yang tidak jelas.
-    Sesi tes privat selama musim 2012 berlangsung, hanya diperbolehkan untuk pembalap pemula yang akan naik ke Formula 1.  (otosport.co.id)