Sean Gelael Tahun Depan Ke Formula

Editor - Sabtu, 9 Januari 2010 | 11:42 WIB

(Editor - )

OTOMOTIFNET - Setelah juara di dua kali Asian Karting Open Championship (AKOC), Muhammad Sean Ricardo Gelael makin percaya diri. Target berikutnya akan menjajal kejuaraan dunia gokart di Zuera, Spanyol selanjutnya mengincar balap single seater di Asia dan Eropa.

"Habis, anaknya maunya ke formula. Melihat semangatnya, saya harus mendukung Sean," ujar Ricardo Gelael, ayah Sean.

Sponsor Coca-Cola

Dukungan yang diberikan kepada Sean (13 tahun) memang tidak main-main. Jumat (27/8), Sean dengan didampingi tim teknis dan orang tuanya terbang ke Spanyol. Tujuannya untuk melakukan latihan selama dua minggu di sirkuit bakal dipakai ajang salah satu seri kejuaraan dunia pada 18-19 September 2010 itu.

Setelah itu, Sean akan ke Italia untuk berlatih dan mengikuti satu event klub. "Latihan dan mengikuti event di Eropa penting bagi Sean untuk mengetahui dan merasakan atmosfer balap di sana. Tapi realistis saja, di Zuera nanti tidak mengejar target apa-apa. Hanya ingin bisa merasakan nuansa balapnya. Kalau bisa masuk 34 besar saja, itu sudah luar biasa," ungkap Kadok, sapaan karib Ricardo.

Kadok yang juga pereli senior menambahkan, selama di Eropa, Sean akan didampingi Dennis van Rhee (pelatih fisik), Renato (ahli mesin gokart) dan Simone (sasis). Selain itu, selama latihan di Zuera, akan didampingi seorang pegokart Spanyol. Sedang Kadok sendiri akan kembali ke Tanah Air. Bahkan Sean yang akan berusia 14 tahun pada 1 November mendatang itu tetap berada di Eropa saat Lebaran nanti.

Sean sendiri mengaku lebih termotivasi setelah dikontrak sponsor minuman Coca-Cola hingga tahun depan. "Selain memang bercita-cita bisa menjadi pembalap formula, dan kalau bisa hingga F1, mendapat sponsor sekelas Coca Cola memberi semangat saya untuk terus belajar meraih prestasi terbaik," ungkap Sean yang memiliki postur jangkung di usianya yang masih belia.

Sebenarnya ada dua produk minuman yang mengincar putera Rini S. Bono ini. Lainnya adalah Red Bull (Kratingdaeng). Hanya saja karena produk sejenis, manajemen Serge Motorsport yang menangani Sean harus memilih salah satu saja. Sebuah produk internasional berani membranding seorang pembalap muda tentulah prestasi tersendiri.

Setelah dari Zuera, Sean dijadwalkan mengikuti final kejuaraan nasional di sirkuit Suzuka, Jepang, Oktober mendatang. Selanjutnya, merampungkan seri IV AKOC di Bangkok (Thailand) pada 13-14 November serta seri V di Makau, 4-5 Desember.

Sean ditargetkan bisa menjadi juara kelas Formula Senior Open AKOC. Saat ini, dia memimpin klasemen mengungguli Weiron Tan (Malaysia). Namun di sela-sela itu, pada Oktober mendatang Sean akan melakukan tes Formula BMW Pacific. Saat ini ada dua tim yang diincar yakni Meritus dan Eurasia.

"Rencananya, tahun depan, Sean menjajal Formula BMW. Tapi, setengah musim di Asia, setengahnya lagi di Eropa. Mudah-mudahan Sean memang bisa berprestasi di gokart dan formula," harap Kadok yang semula berharap anak tunggalnya itu menjadi pereli andal.

Penulis/Foto: Bud / Salim