Mazda Rancang Mobil Balap Pakai Mesin Diesel Skyactiv

Senin, 7 Januari 2013 | 09:17 WIB


Amerika - Mesin Skyactiv dari Mazda dikenal sebagai sumber penggerak yang ramah lingkungan dan hemat. Tapi bukan berarti mesin yang dilepas dalam varian diesel dan bensin tersebut lambat.

Bahkan, seolah ingin membuktikan kemampuan teknologi Skyactiv miliknya, Mazda Amerika siap menurunkan sebuah Mazda6 pada perlombaan yang akan Rolex 24 jam di Daytona, Amerika.

Sedan medium tersebut akan berkompetisi di kelas GRAND-AM baru GX pada tanggal 26 hingga 27 Januari 2013 nanti. Sosok mobil ini baru ditampilkan pada teaser di atas. Dan Mazda6 balap akan membuat penampilan pertama di  sesi tes di Daytona International Speedway pada tanggal 4-6 Januari, 2013.

Mazda6 versi Daytona 24 Jam akan didukung oleh teknologi Mazda SKYACTIV-D diesel yang rendah emisi. Dalam versi standar, SKYACTIV-D memberikan total 184 tenaga kuda pada 5.700 rpm dan torsi 185 pound-feet torsi pada 3.250 rpm. Sayangnya belum ada konfirmasi mengenai besaran tenaga Mazda6 ini.


"Kami senang bisa memulai babak baru sejarah Motorsports Mazda dengan debut balap Mazda6 kami, didukung oleh produksi kami berbasis SKYACTIV-D clean diesel engine. Rekan balap kami, SpeedSource , telah memimpin pengembangan teknis program ini bersama insinyur Mazda di Jepang dan Amerika Serikat, "kata John Doonan, Direktur Motorsport, Mazda Amerika Utara. (mobil.otomotifnet.com)