Lotus F1 Team

billy - Senin, 15 Februari 2010 | 01:03 WIB

(billy - )


Lotus F1 atau yang sekarang lebih tenar dengan nama tim Lotus, menjadi salah satu tim balap yang cukup diperhitungkan berlaga di F1. Tim ini bertanding di berbagai balapan sejak tahun 1977. Prestasi terbaiknya adalah 2 kali juara konstruktor tahun 2005 dan 2006.

Sedikit info, tim Lotus merupakan pelopor mesin turbo di balap jet darat. Pabrikan ini pertama kali turun balap, di GP Inggris tahun 1977 dengan senjata mesin turbo. Saat itu belum ada regulasi yang mewajibkan mesin harus beraliran naturally aspirated seperti saat ini.

Tim Lotus saat masih menjadi tim pabrikan Renault lebih banyak mensuplai mesin untuk tim-tim F1. Sang pabrikan mobil yang terkenal dari Perancis pun mengambil langkah untuk membeli tim Benetton dan menghidupkan kembali tim Renault F1 di tahun 2002. Namun setelah kesepakatan dengan Lotus Group, tim ini resmi pindah kebangsaan yaitu Inggris dan jadi tim Inggris.

Saat ini, banyak yang menyangsikan bahwa tim Lotus sebagai tim pabrikan. Soalnya saham tim telah dimiliki sepenuhnya oleh Genii Capital dan Grup Lotus, sementara mereka masih menggunakan mesin dari Renault. Penegasan Lotus F1 sebagai tim privateer terlihat dari bendera negara yang diusung, yaitu Inggris.

Data lengkap tim Lotus Renault F1 :
-    Nama tim : Lotus F1
-    Kantor pusat : Oxfordshire, Inggris
-    Resmi berdiri : 1977
-    Tipe mobil : Renault R31
-    Pembalap : Kimi Raikkonen dan Romain Grosjean
-    Pimpinan tim : Eric Boullier